Kebijakan Pengiriman & Pengembalian

KETENTUAN PENGIRIMAN PRODUK

  1. Pengiriman Produk
    Penjual akan menyiapkan produk setelah pembeli melakukan pembayaran dan berhasil diverifikasi oleh KALCare E-Store. Setelah produk sudah siap maka penjual akan meminta penjemputan kepada pihak jasa pengiriman yang telah dipilih pembeli untuk segera mengirimkan produknya. Pembeli disarankan untuk melakukan transaksi belanja di penjual dengan lokasi terdekat dengan tujuan kirim untuk mendapatkan biaya kirim yang lebih murah dan waktu kirim yang lebih cepat.
  2. Biaya Pengiriman  Produk
    Biaya pengiriman yang berlaku di KALCare E-Store bervariasi sesuai dengan jarak tempuh dan atau berat produk yang dipesan, serta pilihan perusahaan, dan tipe jasa pengiriman yang tersedia baik oleh jasa pengiriman konvensional maupun On Demand. Pembeli dapat mengetahui detail biaya pengiriman pada saat melakukan proses transaksi belanja.
  3. Alamat Pengiriman Produk
    Pembeli wajib memberikan data informasi pengiriman secara jelas dan lengkap untuk memastikan pengiriman berjalan lancar. Pastikan menulis nama lengkap penerima, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan kelengkapan informasi alamat lainnya seperti: nama jalan, nomor rumah/apartemen/kantor, RT/RW, Kode Pos, Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi.
  4. Waktu Pengiriman Produk
    Waktu pengiriman bervariasi sesuai dengan jarak antara lokasi penjual ke tujuan yang ditentukan dan tipe jasa pengiriman yang dipilih. Estimasi waktu pengiriman KALCare E-Store dapat dilihat pada saat proses transaksi belanja yang dihitung saat pihak jasa pengiriman berhasil melakukan penjemputan barang di lokasi Penjual.
  5. Masalah Pengiriman Produk
    Segala bentuk keluhan atas pengiriman adalah tanggung jawab penjual yang memiliki stok persediaan produk dan perusahaan jasa pengiriman yang mengirimkan produknya. Salah satunya adalah keterlambatan pengiriman baik yang disebabkan oleh penjual atau jasa pengiriman. Namun demikian KALCare E-Store tetap berupaya untuk memfasilitasi masalah pembeli dengan penjual dan pihak jasa pengiriman yang bekerja sama dengan kami. Sehubungan dengan hal tersebut, konsumen menyetujui untuk membebaskan kami atas segala tuntutan atau kerugian yang diderita terkait proses pengiriman.
  6. Keluhan Pengiriman Produk
    Konsumen berhak untuk mengajukan keluhan kepada KALCare E-Store atas kerusakan produk yang didapat. Kami hanya menerima keluhan maksimal 1×24 jam setelah produk diterima. Di luar itu, kami tidak akan melayani keluhan. Apabila terdapat masalah produk akibat pengiriman, maka tanggung jawab akan kami bebankan kepada perusahaan jasa pengiriman. Konsumen dapat langsung mengajukan keluhan ke pihak jasa pengiriman terkait.
  7. Keluhan Produk Non KALBE
    Bila ada keluhan terkait kualitas atau kemasan atas produk di Non KALBE, maka pembeli dapat langsung menghubungi kontak Customer Care produk terkait. Kontak tersebut tertera di kemasan produk atau pembeli dapat mengeceknya melalui website resmi produk tersebut.

 

Jasa Pengiriman Produk

KALCare E-Store bekerja sama dengan beberapa perusahaan jasa pengiriman resmi dan terpercaya untuk menyediakan pilihan metode pengiriman, guna memudahkan transaksi belanja di KALCare E-store sesuai dengan jangkauan penjemputan dan pengiriman serta tipe jasa yang tersedia di masing-masing perusahaan jasa pengiriman.  Adapun perusahaan jasa pengiriman yang telah bekerja sama saat ini adalah:

  1. JNE
  2. Grab Express
  3. GoSend

Pilihan jasa pengiriman konvensional yang saat ini tersedia adalah:

JNE

    • JNE YES atau “Yakin Esok Sampai”

Layanan pengiriman dengan perkiraan waktu kirim sampai di tujuan pada keesokan hari (Next Day) setelah penjemputan barang berhasil dilakukan

    • JNE REG atau “Reguler”

Layanan pengiriman dengan perkiraan waktu kirim 1-7 hari kerja setelah penjemputan barang berhasil dilakukan, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman, dalam kota/luar kota

Pilihan jasa pengiriman On Demand yang saat ini tersedia adalah:

Grab Express

    1. Grab Instant
      Layanan pengiriman di hari yang sama dengan perkiraan waktu kirim 4 jam setelah penjual melakukan permintaan penjemputan barang.
    2. Grab Same Day
      Layanan pengiriman di hari yang sama dengan perkiraan waktu kirim 8 jam setelah penjual melakukan permintaan penjemputan barang.

Catatan :
a. Permintaan penjemputan oleh Penjual ke pihak Grab Express adalah:
– Hari Senin sd Jumat: Grab Same Day maksimal jam 15.00 WIB dan Grab Instant   maksimal jam 16.00 WIB.
– Hari Sabtu: Grab Same Day dan Grab Instant maksimal jam 12.00 WIB.
– Hari Minggu dan Libur Nasional tidak ada penjemputan dan pengiriman oleh pihak Grab Express.
b. Pemesanan yang dilakukan setelah batas waktu maksimal penjemputan di atas memungkinkan barang akan dikirim keesokan harinya.

GoSend

    1. GoSend Instant
      Layanan pengiriman di hari yang sama dengan perkiraan waktu kirim 4 jam sejak penjual melakukan permintaan penjemputan barang.
    2. GoSend Same Day
      Layanan pengiriman di hari yang dengan perkiraan waktu kirim 8 jam sejak penjual melakukan permintaan penjemputan barang.

Catatan :
a. Permintaan penjemputan oleh Penjual ke pihak GoSend adalah:
– Hari Senin sd Jumat: GoSend Sameday maksimal jam 15.00 WIB dan GoSend Instant maksimal jam 16.00 WIB.
– Hari Sabtu: GoSend Sameday dan GoSend Instant maksimal jam 12.00 WIB
– Hari Minggu dan Libur Nasional tidak ada penjemputan dan pengiriman oleh pihak GoSend.
b. Pemesanan yang dilakukan setelah batas waktu maksimal penjemputan di atas itu memungkinkan barang akan dikirim keesokan harinya.

 

Tarif pengiriman

Tarif pengiriman yang berlaku di KALCare E-Store berdasarkan pada pilihan jasa pengiriman logistik yang tersedia, baik konvensional maupun On Demand sesuai jarak tempuh atau berat barang. Pembeli dapat melihat detail tarif pengiriman pada saat proses pemesanan barang.

 

Metode Pengiriman

  1. Pengiriman produk untuk setiap transaksi yang terjadi di KALCare E-store akan menggunakan perusahaan jasa pengiriman resmi yang tersedia dan sudah bekerjasama dengan KALCare E-Store.
  2. KALCare E-Store hanya berperan sebagai media perantara transaksi antara pihak pembeli, penjual dan jasa pengiriman.
  3. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk peraturan terkait dengan syarat dan ketentuan pengiriman barang sepenuhnya ditentukan dan menjadi tanggung jawab pihak jasa pengiriman.
  4. Penjual dan pembeli wajib memahami, menyetujui, serta mengikuti syarat ketentuan pengiriman barang yang telah dibuat oleh pihak jasa pengiriman.
  5. Penjual wajib bertanggung jawab penuh atas pemenuhan pesanan yang sudah disiapkan dan dikirimkan, terutama atas ketepatan produk yang dipesan oleh pembeli yang antara lain meliputi: jenis, gramasi, varian rasa, jumlah, kondisi dan tata cara pengepakan pesanan yang aman.
  6. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk kerugian yang dapat timbul akibat kerusakan ataupun kehilangan barang, baik pada saat pengiriman tengah berlangsung maupun saat pengiriman telah selesai adalah sepenuhnya tanggung jawab pihak jasa pengiriman.
  7. Apabila diperlukan proses pengembalian, maka pembeli wajib melakukan pengiriman produk langsung ke masing-masing penjual. KALCare E-Store tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh pembeli dalam kondisi apapun.
  8. Setelah pembeli sudah menerima produk pesanan dari pihak jasa pengiriman, maka pembeli wajib melakukan konfirmasi pesanan secara langsung di aplikasi KALCare E-Store dengan melakukan klik “Pesanan Selesai” apabila pesanan yang sudah diterima tidak ada masalah. Apabila dalam batas waktu 2×24 jam pembeli tidak melakukan konfirmasi “Pesanan Selesai”, maka KALCare E-Store akan melakukan konfirmasi secara otomatis secara sistem.
  9. Apabila status pesanan sudah dikonfirmasi sebagai “Pesanan Selesai” baik oleh pembeli secara langsung atau melalui KALCare E-Store berdasarkan konfirmasi dari pembeli atau konfirmasi otomatis sistem, maka pembeli tidak bisa lagi melakukan keluhan atas produk yang sudah diterima.

 

KETENTUAN PENGEMBALIAN PRODUK

  1. Pembeli menyetujui bahwa dana yang telah diserahkan kepada KALCare E-Store tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Produk yang sudah dibayarkan tidak dapat ditukar atau dikembalikan kepada KALCare E-Store.
  2. Jika penjual melakukan kesalahan dalam pengiriman produk, maka pembeli diperkenankan untuk mengembalikan dan meminta produk yang sesuai dengan pesanan kepada pihak penjual.
  3. Secara umum, KALCare E-Store hanya menerima pengembalian apabila produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan atau masa kadaluarsa produk yang sudah habis. Produk yang akan dikembalikan konsumen harus dalam kondisi baru dan produk belum digunakan.
  4. Pengiriman kembali akan dilakukan sesuai dengan ketersediaan produk setelah produk yang tidak sesuai diterima kembali oleh penjual. Pengiriman kembali akan berlangsung sesuai standar waktu dari pihak jasa pengiriman yang dipakai oleh penjual.
  5. KALCare E-Store akan membantu memfasilitasi proses pengembalian atau penukaran produk setelah pembeli menghubungi kami melalui channel keluhan yang tersedia dengan melaporkan detail permasalahan dan melengkapinya dengan data nomor order, jenis dan jumlah produk yang bermasalah serta melampirkan bukti pembayaran (invoice) dan foto produk yang representatif. Laporan keluhan hanya bisa kami terima dalam kurun waktu 1×24 jam setelah pembeli menerima produk.
  6. Apabila dibutuhkan maka KALCare E-Store berhak meminta tambahan bukti pendukung kepada pembeli untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang dikeluhkan.
  7. Produk yang dibeli akan dikirim sesuai dengan alamat pengantaran dan tidak bisa dialihkan ke alamat pengantaran lain,diluar yang tercatat di sistem KALCare E-Store dan tercetak di label pengiriman barang.
  8. Apabila penulisan alamat tidak jelas dan lengkap sehingga menyebabkan gagal kirim atau retur, maka KALCare E-Store akan membantu melakukan konfirmasi ulang alamat pembeli. Jika tidak ada respon pembeli dalam 5 hari kerja, maka KALCare E-Store berhak untuk membatalkan pengiriman tanpa ada pengembalian dana.