Zat Gizi yang Diperlukan oleh Pasien Diabetes

Zat Gizi yang Diperlukan oleh Pasien Diabetes

Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup ketika gula, pati, lemak dan karbohidrat masuk dalam tubuh. Sehingga fungsi tubuh yang tidak bisa memproduksi insulin menjadi terganggu.Penyakit ini tidak bisa disepelekan. Alasannya, menurut Departemen Kesehatan (Depkes) diabetes merupakan penyebab kematian dengan urutan ke-6 di Indonesia. Apalagi, tidak semua orang menyadari bahwa dirinya sudah mengalami diabetes sejak lama. Hal ini terjadi karena gejala penyakit diabetes sendiri cenderung tidak terlihat sehingga sulit dideteksi sendiri. 

 

 

 

 

 

 

 

Cara untuk menyembuhkan diabetes adalah dengan menjaga pola makan dan mengawasi tingkat gula di dalam darah dengan lebih baik. Jika Anda tidak memperhatikan gula dan karbohidrat dalam pola makan, tubuh akan mengalami kenaikan gula di dalam darah. Pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin membuat kelebihan gula di dalam darah tidak dapat diserap dan dikontrol dengan baik jumlahnya. Jadi sangat penting penderita diabetes menjaga pola makan, khususnya memenuhi zat gizi dalam tubuh seperti berikut ini:

 

1. Vitamin E

 

Vitamin E sangat penting bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes. Alasannya, vitamin E  dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, ginjal dan kerusakan mata. Anda bisa mendapatkannya secara alami dari sayuran hijau, minyak sayur, kacang-kacangan, paprika merah, alpukat, mangga dan kiwi. 

 

2. Vitamin D3

 

Vitamin D3 dapat mengendalikan gula darah dengan cara meningkatkan produksi insulin dan membuat kinerjanya lebih efektif. Hal itu sudah teruji oleh hasil meta-analisis berbagai studi yang menunjukkan bahwa kadar vitamin D3 yang rendah meningkatkan risiko diabetes. Vitamin D3 juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang, yaitu dengan membantu penyerapan kalsium di saluran cerna. Anda bisa mendapatkan vitamin D3 pada susu, telur dan jamur.

 

3. Vitamin C

 

Vitamin C ternyata juga penting untuk diabetes karena memiliki banyak antioksidan. Untuk diketahui, antioksidan penting untuk membakar timbunan lemak serta memperbaiki kadar gula dan lemak darah. Anda bisa menemukan vitamin C dari buah dan sayur seperti jeruk, jambu merah, stroberi, brokoli, kentang, bayam dan tomat.

 

4. Vitamin B12

 

Vitamin B12 penting untuk kesehatan saraf dan otak, serta pembentukan sel darah merah. Jadi sangat penting memenuhi vitamin B12 bagi Anda yang mengalami diabetes. Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari daging merah, ayam, ikan, hati sapi, telur, dan produk susu.

 

5. Vitamin B7

 

Vitamin B7 sangat memengaruhi pengelolaan kadar gula darah pada penderita diabetes. Karena, vitamin B7 atau biotin, merupakan zat penting yang memperkuat kerja insulin dalam mengolah gula darah sebagai sumber energi. Sumber vitamin bisa Anda temukan di serealia utuh, umbi-umbian, kacang-kacangan, telur, susu, yoghurt, dan daging ayam.

 

6. Zink

 

Mineral zink atau sering disebut seng bisa membantu produksi dan pengeluaran insulin. Pada penderita diabetes, kadar zink menjadi rendah karena dikeluarkan melalui urin ketika kadar gula darah tinggi. Jadi sangat penting untuk memenuhi mineral ini. Anda bisa menemukan mineral ini di daging merah, ayam, kacang-kacangan, serealia, serta produk susu.

 

7. Magnesium

 

Magnesium mirip dengan vitamin B7, yaitu berperan dalam metabolisme karbohidrat, sehingga kerja insulin lebih efektif. Dan seperti mineral zink, kadar magnesium pada penderita diabetes cenderung rendah karena ikut dikeluarkan melalui urin saat kadar gula darah tinggi. Untuk mencukupi kebutuhan magnesium, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kale. Selain itu Anda bisa menemukan magnesium di beras merah dan kacang-kacangan, alpukat, pisang, serta produk susu seperti yoghurt dan keju.

 

8. Kromium

 

Kromium penting untuk menurunkan kadar lemak tubuh dan membangun massa otot. Kromium juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kromium bisa Anda dapatkan dalam biji-bijian, beras merah, kacang-kacangan, daging merah, ikan, jamur, hati sapi, brokoli, jagung, kentang, telur dan produk susu.

 

Selain memenuhi zat gizi di atas, Anda juga dapat mengonsumsi Diabetasol. Sebab menjaga kadar gula darah dengan susu & makanan untuk diabetes juga memberi pengaruh besar. Apalagi Diabetasol mengandung karbohidrat lepas lambat yang digabungkan dengan serat sehingga kadar gula darah Anda tetap terkontrol. Diabetasol tidak hanya cocok bagi penderita diabetes, tapi juga cocok bagi Anda yang ingin menjalankan diet gula. 

 

 

 

atasi komplikasi kesehatan mulut akibat diabetes dengan Diabetasolcegah komplikasi

 

 

 

Dapatkan nutrisi cair Diabetasol dengan mudah di sini. KALBE Store menjual makanan dan susu diabetes online terbaik. Ada juga berbagai makanan atau minuman bergizi lainnya untuk semua keluarga lho! Yuk, bersama dengan Diabetasol cegah diabetes di hari Gizi Nasional untuk tubuh yang senantiasa sehat. 

 

Salam,

 

KALBE Store

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3219603/8-zat-gizi-penting-yang-dibutuhkan-penderita-diabetes