Hal-Hal yang Kerap Menyebabkan Ibu Hamil Susah Tidur

Hal-Hal yang Kerap Menyebabkan Ibu Hamil Susah Tidur

Masa kehamilan umumnya dilalui dengan fokus pada menjaga kesehatan, baik dengan mengonsumsi makanan sehat, minum susu ibu hamil hingga berolahraga. Namun perubahan hormon yang terjadi kerap membuat semua itu terasa lebih rumit dari kelihatannya. Morning sickness hanyalah salah satunya. Ibu hamil juga kerap merasa kesulitan tidur. Padahal tidur sendiri penting untuk mengembalikan energi hingga proses regenerasi sel. Tapi bagaimana jadinya jika untuk tidur saja sudah sulit? Mungkin Anda juga bertanya-tanya apa yang menyebabkan semua itu terjadi. Berikut beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil susah tidur.

 

Gerakan Bayi

Saat bayi sudah mulai bisa bergerak, ia bisa saja bergerak sewaktu-waktu. Saat sang ibu sedang tidur pun bisa saja si kecil melakukan gerakan seperti menendang perut. Kontraksi seperti ini memang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, Anda bisa belajar untuk menikmatinya.

 

Perut Mulas

Gangguan pencernaan yang dialami saat hamil kerap membuat perut mual, bahkan di waktu tidur. Kondisi ini juga kerap membangunkan sang ibu dari tidurnya. Perut mulas seperti ini sebenarnya bisa dicegah. Misalnya saja dengan menghindari makan 2 jam sebelum tidur atau makan makanan pedas. Menambah bantal dan tidur dalam posisi miring ke kiri juga bisa mengurangi gejala ini. Meski demikian, konsumsi susu ibu hamil hendaknya tetap harus dijaga.

 

Rasa Tidak Nyaman Akibat Perut yang Besar

Perut yang besar tidak hanya memberi beban tambahan bagi kaki dan punggung. Ini juga membuat tidur terasa serba tidak nyaman apapun posisi yang diambil. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman seperti ini, konsumsi makanan sehat. Konsumsi susu ibu hamil juga bisa membantu penuhi kebutuhan zat besi dan asam folat yang penting untuk mencegah sindrom kaki gelisah.

 

 

Hal lain yang juga bisa menyebabkan ibu hamil susah tidur antara lain keinginan untuk buang air kecil yang semakin sering, nyeri punggung, kram kaki dan perasaan cemas. Banyak penyebab-penyebab tersebut yang bisa diatasi dengan memperbaiki posisi tidur atau menambah bantal demi meningkatkan kenyamanan. Satu hal lagi, minum Susu Prenagen secara teratur untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi.

 

 

 

Salam,

KALBE Store