Ini yang Harus Dilakukan Jika Si Kecil Alergi Susu Sapi


Ini yang Harus Dilakukan Jika Si Kecil Alergi Susu Sapi

Ini yang Harus Dilakukan Jika Si Kecil Alergi Susu Sapi

Anak-anak membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Misalnya saja kalsium. Nutrisi yang satu ini memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan tulang si kecil. Susu formula pun menjadi salah satu sumber terbaik untuk mendapatkannya. Tapi bagaimana jadinya jika si kecil alergi susu sapi? Jika demikian, berikut hal yang harus dilakukan.

 

Pahami Gejalanya

Reaksi alergi biasanya ditandai dengan munculnya beberapa gejala seperti muncul bercak merah pada kulit, sakit perut, diare, mual, muntah, bengkak pada area sekitar mata, bibir atau wajah hingga sesak nafas. Perhatikan kondisi si kecil setelah mengonsumsi susu sapi. Dengan mengetahui gejala alergi lebih cepat, Anda bisa mengambil langkah penanganan lebih cepat pula.

 

Jauhkan Si Kecil Dari Pemicu Alergi

Saat si kecil menunjukkan gejala alergi, jauhkan ia dari pemicunya. Ini juga termasuk menjauhkannya dari berbagai produk olahan susu sapi seperti keju. Tenang saja, sumber kalsium tidak hanya susu sapi saja. Beberapa sayuran juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, kini juga ada susu formula berbasis soya yang tentunya lebih aman untuk anak yang alergi susu sapi.

 

Periksa ke Dokter

Sebenarnya alergi ini bisa diobati atau paling tidak dikurangi dampaknya. Hanya saja mungkin butuh waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui pengobatan apa yang paling tepat untuk si kecil. Dalam sesi pemeriksaan ini, mungkin saja si kecil membutuhkan imunoterapi untuk mengatasi alergi yang dialami.

 

Ganti Dengan ASI

Anak-anak boleh menerima ASI hingga usia 2 tahun. Jadi jika Anda tidak bisa memberinya susu sapi atau bahkan tidak menemukan susu formula yang tepat, masih ada ASI. Nutrisi yang terkandung di dalam ASI juga tidak kalah dengan susu sapi.

 

 

Sebenarnya kini ada banyak pilihan susu yang bisa dijadikan sebagai pengganti susu sapi. Susu soya misalnya. Bahkan kini ada susu formula berbasis soya yang aman untuk anak-anak yang alergi susu sapi. Susu Morinaga kini juga memiliki varian susu soya yang tak hanya aman namun juga bergizi seimbang.

 

 

 

Salam,

KALBE Store