Beberapa Kesalahan yang Bisa Sebabkan Anak Mengalami Obesitas


Beberapa Kesalahan yang Bisa Sebabkan Anak Mengalami Obesitas

Beberapa Kesalahan yang Bisa Sebabkan Anak Mengalami Obesitas

Semua orang tua memang menginginkan anaknya tumbuh sehat. Namun sebagai manusia biasa, ada kalanya mereka membuat kesalahan yang justru memicu masalah kesehatan. Obesitas adalah salah satu contohnya. Bentuk dari kesalahan ini cukup beragam. Misalnya saja memberikan susu formula secara berlebih. Tidak membatasi makanan yang dikonsumsi juga bisa berakibat pada membengkaknya tubuh sang anak. Jadi meski semua makanan yang diberikan itu sehat, tidak ada jaminan semua itu bisa memberi manfaat. Kontrol juga dibutuhkan. Bahkan saat Anda memberikan Susu Morinaga pada anak. Agar terhindar dari masalah seperti ini, berikut beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan anak obesitas.

 

Tidak Menjaga Berat Badan Saat Hamil

Banyak kasus obesitas anak yang terjadi akibat ibu yang tidak menjaga berat badannya saat hamil. Menurut penelitian, ditemukan bahwa obesitas saat kehamilan ternyata dapat menurun kepada sang anak. Ini bisa mulai terlihat saat anak mulai menginjak usia 3 tahun. Karena itulah, ibu hamil diharuskan untuk menjaga berat badan selama masa kehamilan.

 

Tidak Memberi ASI Eksklusif

Pemberian susu formula sebenarnya baik. Tapi jika karena itu Anda memutuskan untuk tidak memberi anak Anda susu eksklusif, hal ini justru berisiko membuatnya obesitas. Kalaupun ingin memberi susu formula anak seperti Susu Morinaga, perhatikan kecukupan usianya. Selain itu beri susu secukupnya saja atau maksimal 3 gelas untuk setiap harinya. Jangan terlalu berlebihan.

 

Tidak Memberi Anak Cukup Tidur

Berbeda dengan orang dewasa, anak khususnya balita membutuhkan waktu tidur lebih lama. Dalam sehari, mereka butuh tidur setidaknya selama 10 jam. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, hal ini justru bisa mengganggu metabolismenya. Akibatnya, risiko obesitas semakin tinggi.

 

 

Saat menyajikan makanan orang tua juga harus memperhatikan apa yang dibutuhkan oleh si kecil. Jangan memberinya makanan yang sama seperti yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa. Makanan tinggi kalori misalnya. Bagi orang dewasa saja, makanan seperti ini bisa memicu kegemukan. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jadinya kalau Anda memberi si kecil makanan seperti ini. Aturan memberi susu formula juga harus diperhatikan. Selain itu, pilih susu yang memiliki gizi seimbang seperti Susu Morinaga. Dengan cara ini, risiko kegemukan pun bisa ditekan.

 

 

 

Salam,

KALBE Store