Wortel: Sayur Terbaik untuk Penglihatan Bayi

Wortel: Sayur Terbaik untuk Penglihatan Bayi

Wortel merupakan salah satu sayuran yang dianjurkan untuk anak, karena sayuran berwarna jingga ini mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh si kecil, terutama vitamin A, yang terkenal sangat baik untuk menjaga fungsi penglihatan.Berdasarkan Agricutural Research Service USDA, dalam 100 gram wortel terkandung 14.710 IU Vitamin A, yang mana dapat melengkapi lebih dari 200% kebutuhan vitamin A kita sehari-hari. Banyaknya vitamin A yang terkandung didalamnya ini menjadikan sayur yang termasuk dalam kategori umbi-umbian ini baik diberikan kepada si kecil, untuk membantu perkembangan fungsi mata, dan menjaga indera penglihatannya dalam kondisi terbaik. Jika anak banyak mengkonsumsi wortel, diyakini bahwa matanya akan lebih mudah beradaptasi dalam ruangan yang minim pencahayaan, dan membuatnya nyaman melihat, walaupun dengan cahaya yang remang-remang.

Jangan remehkan masalah gangguan penglihatan pada anak, lho. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, jumlah kebutaan pada anak di dunia mendekati angka 1,4 juta anak. Sehari-hari pun, kita semakin sering saja melihat anak menggunakan kacamata dengan lensa tebal, meski usianya masih sangat muda. Oleh karena itulah, kesehatan mata si kecil harus menjadi hal yang diperhatikan oleh ibu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan makanan sehat seperti wortel.

Untuk bayi baru lahir yang menyusu ekslusif, Anda bisa menyuplai kebutuhannya akan nutrisi yang terkandung dalam wortel dengan memasukkan sayuran ini ke dalam menu makanan Anda sehari-hari, sehingga bayi juga akan terpapar dengan manfaatnya melalui aliran air susu Anda. Seiring dengan pertambahan usianya, ia pun lantas membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Memasuki usia 6-7 bulan, misalnya, ia umumnya sudah mulai diperkenalkan kepada Makanan Pendamping ASI (MPASI). Nah, Anda bisa mulai memperkenalkan wortel sebagai bahan campuran bubur bayinya.

Beruntungnya, di negara kita tercinta, wortel dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern terdekat dengan kualitas yang baik. Penyajiannya pun tidaklah sulit. Cukup dengan mengukus wortel yang telah dibersihkan dan melembutkannya menjadi puree, agar si kecil dapat dengan mudah memakannya. Dengan warna yang menarik mata, dan cita rasanya yang manis, pasti si kecil tidak akan keberatan untuk mencoba si sayuran kaya manfaat ini.

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store