World Kidney Day 2016


World Kidney Day 2016

World Kidney Day 2016

Tim Kampanye Hari Ginjal Sedunia 2016 percaya bahwa penting bagi masyarakat untuk tahu mengenai penyakit ginjal pada anak. Penyebaran penyakit ginjal tidak mengenal usia bahkan dapat menyerang anak-anak pada usia dini. Lebih dari 90% penyakit ginjal yang menyerang anak merupakan penyakit ginjal primer yang tidak diketahui penyebabnya.

 

Deteksi dan penanganan awal sangat penting untuk memperlambat keganasan penyakit dan menjaga kualitas hidup. Namun pasien penyakit ginjal kronis anak seringkali datang dengan berbagai keluhan yang menunjukkan bahwa pasien datang pada stadium lanjut, karena keterlambatan diagnosis.

 

Gejala awal yang banyak dijumpai adalah anak sering kejang dan muntah yang disebabkan oleh meningkatnya ureum dan kreatinin pada darah. Mata sembab, tekanan darah yang tinggi, anemia dan terdapatnya kandungan protein pada urin adalah gejala lanjutan yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Anak dengan gangguan ginjal juga memiliki kualitas pertumbuhan dan perkembangan yang buruk.

 

Anak dengan gagal ginjal kronik tentu saja harus dibawah pengawasan tim nefrologi anak yang mampu memberikan perawatan optimal yang terdiri dari pemberian diet khusus, kemungkinan tidakan bedah dan persiapan psikologis jika akan dilakukan terapi pengganti ginjal baik dialisis atau transplantasi. Oleh karena itu pengembangan fasilitas perlu dilakukan baik dari segi edukasi, deteksi dini dan gaya hidup sehat yang diterapkan sejak anak-anak untuk mencegah dan menekan pertumbuhan penyakit ginjal termasuk gagal ginjal kronik.

 

Ini merupakan tahun ke-11 kita melakukan kampanye dunia! Mari bersama-sama kita membangun generasi masa depan yang lebih sehat lagi!

 

 

 

Salam,

KALBE e-Store