Waspadai Tanda Anak Kekurangan Gizi

Waspadai Tanda Anak Kekurangan Gizi

Bagi setiap orang tua, tidak ada yang lebih membahagiakan selain melihat si kecil tumbuh sehat dan kuat. Namun realita memang tak selalu seindah harapan. Meski semakin jarang ditemui, kasus kekurangan gizi selalu membuat para orang tua merasa khawatir. Memberi makanan sehat dan seimbang pun dilakukan. Bahkan kini semakin banyak orang tua yang juga memberikan susu formula kepada buah hatinya. Akan tetapi, Anda tetap waspada. Mengetahui tanda anak kekurangan gizi menjadi ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang tua. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tanda anak kekurangan gizi.

 

Badan Terlihat Lemas dan Lesu

Salah satu tanda yang paling terlihat jika anak mengalami kekurangan gizi adalah ia cenderung sering terlihat lemas dan lesu. Di usianya yang seharusnya sangat aktif, ia justru terlihat kurang bersemangat. Biasanya ini terjadi akibat si kecil kekurangan zat besi. Tapi jika Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan melengkapinya dengan susu formula, masalah seperti bisa dihindari.

 

Sulit Berkonsentrasi

Anak kurang tanggap hingga kesulitan dalam belajar. Jika Anda menemukan anak Anda mengalaminya, bisa jadi kebutuhan nutrisinya belum terpenuhi. Anak yang kurang gizi memang kerap terlihat sulit berkonsentrasi. Hingga akhirnya, prestasi di sekolah pun terus menurun.

 

Mudah Sakit

Apa anak Anda sangat mudah sakit? Hati-hati, bisa jadi ini karena ia kekurangan gizi. Kebutuhan gizi yang tidak terpenuhi memang bisa berdampak pada daya tahan tubuh. Namun Anda juga harus tahu perbedaan antara terlalu mudah sakit dengan masih dalam posisi bisa dimaklumi. Karena harus diakui, anak-anak memang cenderung mudah sakit. Bahkan bisa saja anak sakit setiap beberapa bulan sekali. Namun jika dalam 1 bulan si kecil bisa sakit sampai berkali-kali, besar kemungkinan ia memang kekurangan gizi.

 

Tanda kekurangan gizi memang tidak begitu sulit dikenali. Umumnya Anda bisa melihatnya dari luar, baik dari kondisi tubuh maupun dari perilakunya. Anak yang kurang gizi biasanya juga tidak memiliki nafsu makan dan rewel. Jika Anda menemukan gejala seperti ini, coba perbaiki pola makannya. Tambahkan susu formula. Saat Anda mencari susu yang kaya akan nutrisi dan memiliki gizi seimbang, pilih saja Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALCare