Waspada Jerawat Akibat Pakai Masker


Waspada Jerawat Akibat Pakai Masker

Waspada Jerawat Akibat Pakai Masker

Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat Pemerintah menetapkan peraturan wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Pengunaan masker bertujuan untuk menurunkan angka penyebaran coronavirus di tengah masyarakat. Tetapi ternyata penggunaan masker dapat menyebabkan jerawat yang bisa disebut juga sebagai mask acne.

 

Penyebab timbulnya jerawat saat menggunakan masker

 

Pada sebagian orang, penggunaan masker menyebabkan pertumbuhan jerawat pada daerah dagu dan pipi. Munculnya jerawat tersebut bukan hanya perkara penggunaan masker yang terlalu lama atau kotor. Sehingga jangan heran jika Anda sudah sering mengikuti anjuran untuk sering mengganti masker, mask acne akan tetap muncul.

 

ketahui penyebab munculnya jerawat akibat pengunaan masker

 

Menurut dr. Devia Irine Putri, penyebab timbulnya jerawat saat menggunakan masker karena terjadinya gesekan pada kulit. Kain masker yang digunakan secara tidak langsung menyentuh kulit secara terus-menerus. Sehingga menyebabkan gesekan pada kulit yang memicu jerawat mekanik atau jerawat yang muncul akibat timbulnya gesekan. Selain gesekan, kondisi wajah yang tertutup masker dan lembap memang dapat menjadi pemicu lain pertumbuhan jerawat pada wajah.

 

Dokter Devia menambahkan, munculnya jerawat didukung oleh kondisi multifaktorial. Artinya jerawat tidak akan muncul jika tidak didukung oleh faktor lain. Misalnya perasaan stres, kelenjar minyak yang terlalu aktif, atau perubahan hormon. Jadi faktor-faktor tersebut yang mendukung pertumbuhan jerawat saat menggunakan masker.

 

Semua jenis masker berisiko menimbulkan jerawat

 

Di masyarakat sempat beredar informasi bahwa penggunaan masker kain lebih berisiko menyebabkan mask acne dibanding masker bedah. Ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebab baik penggunaan masker kain atau bedah sama-sama menyebabkan jerawat pada wajah. Bahkan dokter Seemal Desai, yang merupakan asisten profesor di University of Texas Southwestern Medical Center, banyak petugas medis yang mengalami gangguan pada kulit akibat penggunaan masker respirator PPE dan N95. Kerusakan yang ditimbulkan masker bukan hanya jerawat. Melainkan bisul, kerusakan kulit, dan pendarahan pada kulit.

 

Cara mencegah jerawat akibat penggunaan masker

 

Munculnya jerawat memang tentu akan mengganggu penampilan Anda. Apalagi jika jerawat muncul secara terus-menerus akibat menggunakan masker. Untuk itu, Anda perlu melakukan upaya berikut untuk mencegah pertumbuhan jerawat akibat penggunaan masker.

  1. Rajin membersihkan wajah dengan menggunakan air bersih dan facial wash.
  2. Gunakan produk skin care yang mengandung bahan dengan sifat menenangkan kulit seperti green tea.
  3. Hindari penggunaan make up.
  4. Mengonsumsi suplemen H2 Pure Skin karena mengandung Astaxanthin, Oligomeric Proanthocyanidin Complex (OPC) Grape Seed, Horsetail, Zinc, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin A yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat.
  5. Hindari menyentuh area kulit yang tumbuh jerawat.
  6. Pilih masker kain yang memiliki bahan lembut atau Anda bisa menambahkan tisu sebagai filter tambahan.

 

jaga kesehatan kulit agar terhindar dari jerawat dengan mengonsumsi H2 Pure Skin

 

Itulah cara penjelasan serta cara untuk mencegah pertumbuhan jerawat akibat menggunakan masker. Jangan lupa jika Anda ingin mendapatkan H2 Pure Skin dengan mudah, Anda bisa klik di sini. Agar efektif, konsumsi H2 Pure Skin satu kali sehari secara rutin.

 

Bagaimana, KALCare E-Store cukup lengkap bukan? KALCare tidak hanya menyediakan susu anak, suplemen kesehatan, nutrisi khusus, dan alat kesehatan. Tetapi tersedia juga suplemen kecantikan serta minuman kolagen bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan kulit. Dengan begitu Anda tetap dapat melakukan perawatan kecantikan kulit walau hanya dari rumah saja.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3642329/hati-hati-maskne-jerawatan-karena-pakai-masker