Waspada Diabetes Pasca Lebaran Selama Covid

Waspada Diabetes Pasca Lebaran Selama Covid

Merayakan hari raya Idulfitri memang tidak lengkap rasanya jika tidak tersedia santapan khusus Lebaran. Seperti ketupat, opor ayam, rendang, berbagai jenis kue, hingga minuman manis. Tetapi ternyata semua sajian tersebut berbahaya bagi penderita diabetes lho.

 

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang diakibatkan oleh peningkatan kadar glukosa atau gula darah. Gula darah yang naik ini dapat disebabkan oleh gangguan produksi atau kurangnya responsif sel-sel tubuh terhadap insulin yang merupakan hormon pengatur gula darah. Padahal gula darah sangat penting untuk kesehatan karena berguna sebagai sumber energi yang penting bagi sel-sel dan jaringan.

 

setelah lebaran, hati-hati diabetes kambuh

 

Pada saat Lebaran, penderita diabetes memang harus berhati-hati dalam menyantap makanan dan minuman. Sebab beberapa jenis makanan khas Lebaran justru malah dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat. Padahal penyakit diabetes perlu dihindari selama pandemi covid. Sebab seseorang yang terinfeksi covid dengan penyakit bawaan diabetes memiliki risiko yang tinggi hingga dapat menyebabkan kematian. Berikut sajian lebaran yang dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah.

 

1. Kue kering

Kue nastar, putri salju, cookies, dan jenis kue lainnya saat lebaran pasti tersedia pada meja tamu. Aneka kue lebaran ini terbuat dari telur, tepung, gula, hingga tambahan pemanis lainnya seperti cokelat. Bahan-bahan inilah yang membuat kue memiliki kalori, lemak, karbohidrat, dan protein dan jika dikonsumsi secara terus menerus, maka kadarnya akan ikut bertambah. Inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan diabetes.

 

2. Minuman manis

Silaturahmi siang hari pasti terasa segar jika disajikan berbagai minuman dingin seperti es teler, es campur, minuman, bersoda, dan sirup. Tetapi dibalik kesegarannya, minuman manis tersebut memiliki kadar kalori, lemak, karbohidrat, dan protein yang tinggi. Tentu ini tidak baik bagi penderita diabetes, sehingga perlu dibatasi.

 

3. Makanan bersantan

Rata-rata makanan khas Idulfitri mengandung santan seperti opor, gulai, rendang, dan lodeh. Memang semuanya akan terasa nikmat di mulut Anda. Namun jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi sekitar 21 gram untuk 100 gram santan. Sehingga tidak hanya menimbulkan diabetes tetapi juga kolesterol. Belum lagi jika makanan bersantan dipanaskan berkali-kali hingga kadar lemak jahat semakin bertambah.

 

Cara mengatasi diabetes pasca lebaran

 

Melihat kondisi sekarang di tengah penyebaran covid, penderita diabetes perlu mengatasi lonjakan gula darah setelah lebaran. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kadar gula darah setelah lebaran:

1. Mengonsumsi serat

Serat berperan penting dalam manajemen gula darah. Sebab serat dapat memperlambat laju karbohidrat yang rusak dan kecepatan tubuh dalam menyerap gula yang dihasilkan. Pilih makanan dengan kandungan serat larut seperti sayuran, biji-bijian, dan buah.

 

2. Mengontrol porsi makanan

Penderita diabetes perlu mengikuti pedoman porsi makanan yang dianjurkan oleh ahli gizi. Sebab jika tidak ditakar, makanan yang berlebih akan menyebabkan lonjakan gula darah. Hindari juga mengonsumsi makanan yang memang pantang bagi penderita diabetes.

 

3. Banyak minm air putih

Tubuh manusia memerlukan cairan dalam kadar yang sama setiap harinya. Dengan memenuhi cairan, akan mencegah dehidrasi dan membantu kinerja ginjal untuk mengeluarkan gula tambahan dari tubuh melalui urin. Untuk itu penderita diabetes perlu banyak minum air putih, bahkan setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis.

 

4. Mengonsumsi Diabetasol

Mengonsumsi Diabetasol secara rutin memang terbukti dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sebab Diabetasol mengandung VitaDigest Pro yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Bahkan Diabetasol dapat digunakan sebagai nutrisi pengganti makanan karena mengandung serat yang tinggi. Anda bisa mendapatkan Diabetasol dengan mudah di sini.

 

atasi diabetes setelah lebaran dengan Diabetasol

 

5. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh untuk mengurangi jumlah gula dalam darah. Sehingga Anda perlu memanfaatkan tidur pada malam hari dengan sebaik mungkin. Perlu Anda tahu, kadar gula darah cenderung meningkat pada dini hari. Maka jika kurang tidur, akan memberi efek yang menyerupai resistensi insulin sehingga kadar gula darah dapat melonjak.

 

Yuk lakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasi diabetes setelah lebaran di masa pandemi. Anda bisa mendapatkan produk nutrisi kesehatan anak & dewasa online hemat dengan mudah di KALCare. Karena KALCare menjual nutrisi anak & nutrisi khusus dewasa terbaik online agar Anda dapat berbelanja dari rumah.

 

Salam,

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3628269/menu-lebaran-ini-terlarang-untuk-penderita-diabetes

https://www.merdeka.com/sumut/5-cara-kontrol-kadar-gula-usai-lebaran-mudah-dilakukan-kln.html