Waspada Coronavirus, Berikut Cara Antisipasi di Tempat Kerja

Waspada Coronavirus, Berikut Cara Antisipasi di Tempat Kerja

Virus corona terus menjadi perhatian masyarakat dunia setelah penyebarannya makin sulit dibendung karena sudah tersebar. Total terinfeksi sudah 82.170 orang di seluruh dunia. 2.804 meninggal dunia, dan lebih dari 45 negara sudah menginformasikan paling tidak satu kasus virus corona.

 

Di Indonesia sendiri mengumumkan tambahan 7 pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 pada Rabu (11/3/2020).  Dengan bertambahnya kasus baru tersebut, total pasien yang terkena virus corona di Indonesia menjadi 34 orang. Bahkan, 1 pasien corona di Indonesia meninggal dunia.

 

Penyebaran virus ini memang bisa terjadi di mana-mana, termasuk tempat kerja. Sehingga, Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan sampai memberikan anjuran untuk keselamatan di tempat kerja. Langkah-langkah inilah yang bisa membantu mencegah penyebaran infeksi di tempat kerja dan harus mulai dari sekarang.

 

 

 

Sumber: klikdokter.com

 

 

 

 

1. Pastikan tempat kerja bersih dan higienis

 

 

Perhatikan permukaan seperti meja dan kursi dan bersihkan secara rutin. Tidak hanya itu, komputer, keyboard atau laptop pun perlu dibersihkan dengan disinfektan secara teratur. Alasannya, agar kontaminasi virus terutama corona dapat dicegah supaya tidak tersebar kepada Anda maupun karyawan lainnya.

 

 

2. Sosialisasi cuci tangan untuk karyawan dan tamu

 

 

Tempatkan dispenser pembersih tangan yang mengandung disinfektan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Pastikan dispenser ini diisi ulang disinfektan secara teratur. Anda dapat memastikan juga bahwa staf dan tamu memiliki akses ke tempat mereka dapat mencuci tangan dengan sabun dan air. Tidak hanya itu, memajang poster yang mempromosikan cuci tangan juga penting. Bila memungkinkan, kombinasikan dengan langkah komunikasi lain, seperti workshop atau briefing di internal kantor mengenai kesehatan tangan dan keselamatan kerja. Dengan begitu,karyawan yang bekerja di kantor mengetahui pentingnya menjaga kebersihan tangan untuk mencegah virus, terutama corona.

 

 

3. Promosikan kebersihan pernapasan di tempat kerja

 

 

Pajang poster yang mempromosikan kebersihan pernapasan. Perkaya langkah ini dengan bentuk komunikasi lainnya, seperti menawarkan panduan dari petugas kesehatan dan keselamatan kerja. Bila memungkinkan, bisa melakukan workshop di internal kantor mengenai cara menjaga kesehatan pernapasan. Agar karyawan yang bekerja di kantor mengetahui pentingnya menjaga kebersihan pernapasan untuk mencegah virus corona menyebar di kantor.

 

 

4. Perhatikan perjalanan bisnis

 

 

Pimpinan perlu memberikan saran kepada karyawan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perjalanan bisnis, baik itu keluar kota atau keluar negeri. Sebelum melakukan perjalanan bisnis lakukan beberapa hal berikut ini.

 

a. Pastikan organisasi dan karyawan memiliki informasi terbaru tentang area di mana virus corona sudah menyebar.

b. Hindari mengirim karyawan yang mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit serius. Misalnya karyawan yang lebih tua dan mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, jantung koroner, dan paru-paru ke area tempat  virus corona sudah menyebar.

c. Pastikan semua orang yang bepergian ke lokasi yang melaporkan adanya virus corona diberi pengarahan oleh dokter.

 

Saat bepergian lakukan beberapa hal berikut ini.

 

a. Anda dan karyawan lainnya  dihimbau untuk mencuci tangan secara teratur dan menjaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang batuk atau bersin.

b. Pastikan karyawan tahu yang harus dilakukan dan siapa yang harus dihubungi bila mereka merasa sakit saat bepergian.

c. Pastikan karyawan mematuhi instruksi dari otoritas setempat saat mereka bepergian.

 

5. Beri tahu karyawan bila virus corona mulai menyebar di kantor

 

Beri tahu karyawan yang menderita batuk ringan atau demam ringan (37,3 derajat Celcius atau lebih) untuk tinggal di rumah. Tidak hanya itu, karyawan yang sakit juga harus tinggal atau bekerja dari rumah bila diharuskan minum obat,  yang dapat menutupi gejala infeksi. WHO juga menyarankan kepada pimpinan perusahaan bahwa karyawan yang menunjukkan gejala dapat menerima cuti sakit.

 

Itulah anjuran dari WHO untuk mencegah virus corona di kantor. Jika Anda sedang mengalami gejala batuk atau penyakit lainnya jangan khawatir. Anda bisa mengonsumsi Komix. Karena Komix mengandung Lagundi, Jahe Merah, Thymi Herba, Licorice, dan Madu yang dapat membantu meredakan batuk. Komix juga bisa mempercepat penyembuhan saat sakit dengan bentuk cair sehingga mudah untuk dikonsumsi! Jadi Anda bisa melakukan antisipasi penyebaran virus corona sejak dini.

 

 

 

 

 

 

Yuk, langsung saja dibeli Komix di KALBE Store, toko online terpercaya yang menjual obat flu dan batuk berkualitas. Anda bisa mendapatkan Komix dengan mudah di sini. Karena KALBE Store Menjual Obat Flu & Batuk Anak & Dewasa Berkualitas Online.

 

Salam,

 

KALBE Store

 

Sumber:

 

https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/062000065/update-virus-corona-di-indonesia-34-terinfeksi-2-sembuh-dan-1-meninggal

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3637432/waspada-coronavirus-ini-anjuran-who-untuk-keselamatan-di-tempat-kerja