Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan MPASI?

Hingga kini, ASI masih dikenal sebagai makanan terbaik untuk bayi. Namun hingga usia tertentu, si kecil juga harus diperkenalkan dengan makanan lain selain ASI. Inilah di mana bayi mulai mendapatkan makanan pendamping ASI seperti susu formula ataupun bubur bayi. Sayangnya, tak sedikit ibu muda yang masih bingung dengan kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan pendamping atau MPASI ini. Namun sebelum memberi makanan pendamping, yuk kenali tanda-tanda bayi siap makan makanan selain ASI.

 

Tanda-Tanda Bayi Siap Menerima MPASI

Kesiapan bayi menerima makanan pendamping ASI bisa diketahui dari kebiasaan si kecil. Jika si kecil memang sudah siap menerima MPASI, biasanya si kecil akan mulai meraih makanan dan memasukkannya ke mulut. Hal ini menunjukkan bahwa koordinasi antara mata, mulut serta tangannya sudah mulai terbentuk. Pada saat ini, bayi biasanya mulai tertarik dengan makanan yang dikonsumsi oleh orang tuanya.

 

Bayi yang sudah siap menerima makanan pendamping ASI juga bisa dilihat dari kemampuannya yang sudah bisa duduk sendiri. Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, ini tandanya si kecil sudah siap memperoleh makanan pendamping.

 

Usia Anak Siap Menerima MPASI

Bayi biasanya siap menerima MPASI di usia 6 bulan. Pada usia inilah tanda-tanda di atas mulai muncul. Pencernaan bayi usia 6 bulan juga sudah siap untuk menerima makanan pendamping ASI. Meski demikian, bukan berarti semua makanan bisa ia konsumsi. Para orang tua perlu mengolahnya terlebih dahulu agar lebih ramah dengan sistem pencernaannya.

 

Makanan pendamping ASI harus memiliki tekstur yang lembut namun tidak lengket. Bubur adalah contoh yang baik untuk dikonsumsi anak usia 6 bulan. Selain mudah ditelah, bubur juga lebih aman untuk sistem pencernaannya.

 

Buah-buahan yang lembut seperti pisang juga bisa dijadikan pilihan. Ibu bisa melumatnya hingga lembut dan memberi campuran ASI untuk memperkaya kandungan nutrisinya. Pada usia ini, si kecil juga bisa menerima makanan bayi seperti Milna sebagai makanan pendamping. Milna kini juga tersedia dalam berbagai rasa. Para ibu tentunya bisa memilih sesuai dengan kesukaan si kecil.

 

 

 

Salam,

KALBE Store