Waktu Terbaik Untuk Minum Suplemen di Bulan Puasa

Waktu Terbaik Untuk Minum Suplemen di Bulan Puasa

Saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan apapun selama 1 hari penuh. Tubuh pun terasa lemas dan tak bertenaga. Melakukan aktivitas terasa berat, kantuk juga kerap melanda. Tentu saja semua itu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya semua itu masih bisa disebut normal. Akan tetapi bukan berarti tak ada pilihan. Menu sahur yang tepat bisa membantu tubuh terasa bugar lebih lama. Misalnya saja dengan mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks dan memperbanyak asupan protein dan serat. Ditambah dengan mengonsumsi suplemen tambahan, tubuh akan terasa lebih bugar. Tapi kapan waktu yang tepat untuk minum suplemen di bulan puasa?

 

Waktu yang Disarankan Untuk Mengonsumsi Suplemen

Berdasarkan waktu konsumsinya, suplemen dibedakan menjadi suplemen yang dikonsumsi sebelum makan dan sesudah makan. Beberapa suplemen yang dikonsumsi sebelum makan antara lain zat besi, asam folat, vitamin B12, probiotik, enzim proteolitik, fitokimia, bioflavonoid dan makanan hijau. Sedangkan untuk suplemen yang dikonsumsi setelah makan diantaranya adalah vitamin B kompleks, A, D, K dan vitamin C, suplemen seng dan suplemen asam klorida.

 

Untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, tak sedikit yang mengonsumsi suplemen atau vitamin secara rutin. Kebiasaan seperti ini tentu akan bergeser saat puasa. Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya di sembarang waktu. Misalnya saja vitamin B kompleks. Mengonsumsinya saat sahur justru membuat perut terasa lapar di siang harinya. Begitu pula dengan beberapa suplemen lainnya.

 

Jika ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Jika tujuannya untuk membantu menjaga kebugaran saat menjalankan ibadah puasa, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis vitamin atau suplemen saat sahur. Salah satu vitamin yang aman dikonsumsi saat sahur adalah vitamin C. Sedangkan untuk suplemen lain, sebaiknya konsumsi saat berbuka.

 

Tips Memilih Suplemen

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk mengonsumsi suplemen ataupun vitamin saat berpuasa. Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan saja, terlebih jika kondisi tubuh memang sedang kurang fit. Kalau tidak ada masalah pada kesehatan, mengonsumsi makanan sehat saja sebenarnya sudah cukup. Namun jika ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya pilih yang telah teruji. Blackmores adalah contoh yang tepat untuk itu.

 

 

 

Salam,

KALBE Store