Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Ibu Hamil?

Kapan Waktu Terbaik Minum Susu Ibu Hamil?

Bagi Anda yang sedang hamil, maka susu ibu hamil adalah asupan wajib yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda dan juga bayi dalam kandungan.

 

Namun, sudahkah Anda tahu kapan waktu terbaik untuk meminum susu tersebut? Jika belum, inilah penjelasan kapan waktu terbaik meminum susu ibu hamil.

 

Haruskah Meminum Susu Ibu Hamil?

Pasti banyak pertanyaan tentang hal ini, apakah meminum susu ibu hamil penting bagi ibu hamil atau tidak. Namun, pada dasarnya meminum susu, baik untuk ibu hamil atau bukan memang diperlukan untuk kesehatan tubuh.

 

Sebab di dalam susu mengandung gizi yang dapat mencukupi kebutuhan asupan mineral dan vitamin untuk tubuh dan kandungan kalsium yang bermanfaat bagi janin dan juga Anda.

 

Sebenarnya tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak meminum susu ibu hamil dengan rutin sebab terdapat banyak manfaatnya yang sangat baik untuk sang buah hati yang belum lahir.

 

Kapan Sebaiknya Meminum Susu Ibu Hamil?

Setelah Anda mengetahui pentingnya meminum susu ibu hamil dan manfaatnya bagi janin dan Anda, maka dari itu, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk meminum susu ibu hamil tersebut agar kandungan dan vitamin yang terkandung dapat terserap sempurna oleh tubuh Anda.

 

Perlu Anda ketahui, bahwa susu ibu hamil mengandung asam amino tryptophan yaitu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin. Nah, dari neurotransmitter inilah yang bersifat menenangkan sehingga akan membuat proses tidur Anda lebih cepat.

 

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa sebaiknya meminum susu ibu hamil dilakukan ketika  malam hari sebelum tidur.

 

Ada hal lainnya yang perlu Anda perhatikan. Meminum susu saat malam hari akan membantu meningkatkan penyerapan kalsium sehingga kalsium yang terkandung dapat diserap sempurna oleh tubuh Anda. Minum susu ibu hamil sebaiknya dilakukan ketika malam hari sebelum tidur, saat meminumnnya pun tidak bisa sembarangan.

 

Sebisa mungkin, hindari meminum susu setelah memakan makanan pokok atau sambil mengonsumsi makanan pokok. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang terdapat dalam susu dapat menghalangi penyerapan zat besi dalam tubuh.

 

Waktu terbaik pertama meminum susu ibu hamil adalah ketika trimester 1 karena pada saat ini, perkembangan janin sangat pesat dan kandungan nutrisi yang Anda makan pun akan banyak diserap oleh janin sehingga sangat penting bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Sehingga, baiknya Anda sudah meminum susu ibu hamil dan terus meminumnya dengan rutin.

 

 

Salam,

KALCare