Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga di Bulan Ramadhan


Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga di Bulan Ramadhan

Inilah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga di Bulan Ramadhan

Lesu, lemas dan tak bertenaga, ketiga hal tersebut tampaknya sangat akrab dengan puasa. Siapa pun yang menahan lapar dan dahaga selama satu hari penuh tentu akan mengalaminya. Aktivitas fisik pun dibatasi. Alasannya tentu hanya satu, yakni menghemat tenaga agar bisa bertahan hingga magrib tiba. Keputusan tersebut memang masuk akal. Tapi Anda juga perlu tahu. Tubuhlah yang membutuhkan aktivitas fisik. Meski terdengar kontradiktif, aktivitas fisik bisa membuat tubuh terasa lebih bugar. Olahraga pun sebenarnya bisa dilakukan sambil berpuasa. Hanya saja, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

 

Sebelum Berbuka Puasa

Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga di bulan puasa adalah 30-60 menit sebelum berbuka. Pada waktu sebelum buka puasa, Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan. Beberapa jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan diantaranya adalah jalan santai, renang atau yoga. Olahraga angkat beban juga bisa jadi pilihan. Intinya, sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu memberatkan.

 

Sesudah Buka Puasa

Jika Anda terlalu lemas atau tidak sempat berolahraga sebelum berbuka puasa, sesudah buka puasa juga bukan waktu yang buruk untuk melakukan olahraga. Lakukan olahraga 60 menit setelah berbuka. Karena kini kondisi tubuh Anda lebih bertenaga, jenis olahraga yang bisa dipilih relatif lebih banyak. Anda juga bisa berolahraga dengan intensitas yang cukup tinggi. Jika ingin berolahraga setelah berbuka, sebaiknya pilih waktu yang tidak terlalu berdekatan dengan jam tidur. Ini dilakukan untuk membantu menjaga kualitas tidur Anda nantinya.

 

Selama menjalankan ibadah puasa, asupan nutrisi juga harus diperhatikan. Makanan yang dikonsumsi haruslah memenuhi standar kebutuhan gizi harian. Makanlah makanan sehat dan lengkap. Hindari makanan tinggi lemak, tinggi garam dan tinggi gula. Berbuka puasa hendaknya juga tidak dimanfaatkan untuk ajang balas dendam. Makan terlalu banyak justru hanya memberi dampak buruk bagi kesehatan. Jika memang ingin makan lebih, atur polanya. Makan besar setelah magrib dan makan ringan setelah sholat Tarawih. Untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store