Vitamin dan Mineral Penting yang Sangat Dibutuhkan Saat Berpuasa


Vitamin dan Mineral Penting yang Sangat Dibutuhkan Saat Berpuasa

Vitamin dan Mineral Penting yang Sangat Dibutuhkan Saat Berpuasa

Menahan lapar dan dahaga selama satu hari penuh tentu memberi tantangan bagi siapa pun yang menjalankannya. Bukan hanya itu saja, puasa juga menuntut pelakunya menahan hawa nafsu dalam upayanya mendidik manusia. Tapi tidak makan selama satu hari penuh bukan berarti tak ada konsekuensi sama sekali. Meski puasa sarat akan manfaat kesehatan, jika dilakukan asal-asalan justru gangguan kesehatan yang diperoleh. Tetap ada aturan yang harus dipatuhi. Masih ada pula kebutuhan nutrisi yang tak boleh diabaikan. Setidaknya, vitamin dan mineral penting berikut ini harus terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa.

 

Vitamin A

Vitamin A tak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata. Perannya dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh membuatnya menjadi salah satu vitamin yang harus terpenuhi saat berpuasa. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin A diantaranya adalah wortel, susu, telur, bayam, hati sapi dan ubi jalar.

 

Vitamin C

Vitamin yang satu ini dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan yang berperan aktif dalam menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri dapat diperoleh dari buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, kiwi, blewah dan sayuran seperti brokoli. Tapi ada satu hal yang perlu diingat. Tubuh manusia hanya membutuhkan vitamin C sebanyak 75 mg sehari.

 

Yodium

Mineral yang satu ini berfungsi untuk menjaga fungsi tiroid serta metabolisme sel. Jika kebutuhan yodium tidak terpenuhi, tubuh akan mengalami hipotiroidisme yang ditandai dengan gejala peningkatan berat badan, kelelahan dan sembelit. Karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan yodium melalui makanan yang diberi garam yodium.

 

Seng

Zinc atau seng memiliki peran penting dalam membantu menjaga sistem imun tubuh. Seng juga berfungsi membentuk DNA dan protein. Jika kebutuhan seng ini tidak terpenuhi, tubuh akan cenderung mudah lelah. Mengonsumsi kacang-kacangan, susu, makanan laut dan daging merah bisa membantu memenuhi kebutuhan akan zinc.

 

Selain keempat vitamin dan mineral di atas, saat puasa tubuh sebenarnya juga membutuhkan vitamin D untuk membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dan melepaskan hormon serotonin dan dopamin. Mungkin melengkapi semua kebutuhan tersebut terdengar cukup menantang. Namun dengan mengonsumsi makanan sehat dan lengkap, kebutuhan tersebut relatif lebih mudah terpenuhi. Mengonsumsi suplemen seperti Blackmores juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

 

 

 

Salam,

KALBE Store