Usia Muda Bukan Jaminan Jantung Sehat


Usia Muda Bukan Jaminan Jantung Sehat

Usia Muda Bukan Jaminan Jantung Sehat

Pada pertengahan bulan Februari, publik cukup dikejutkan dengan berita mengenai meninggalnya Ashraf Sinclair, aktor asal Malaysia. Berita duka ini menjadi trending topik karena kematian dari suami penyanyi Bunga Citra Lestari cukup mendadak tanpa ditandai dengan gejala penyakit tertentu. Setelah beberapa waktu, akhirnya diketahui bahwa serangan jantung yang menjadi penyebab kematian.

 

 

 

 

 

 

Penyebab serangan jantung

 

Menurut dr. Alvin Nur Salim, Sp.PD, serangan jantung disebabkan karena irama sirkadian tubuh yang memicu tekanan darah tinggi. Selain itu adanya pelepasan protein tertentu pada pagi hari yang dapat memicu terjadinya serangan jantung. Karena, di dalam tubuh manusia memiliki protein dalam darah yang kadarnya akan berubah sewaktu pagi. Perubahan kadar protein ini dapat menyebabkan irama jantung di pagi hari jadi berubah cepat. Tak bisa dimungkiri, bahwa hal-hal tersebut dapat memicu serangan jantung pada beberapa orang.

 

Serangan jantung bisa disebabkan karena seseorang mengalami stres di pagi hari. Stres bisa terjadi karena memikirkan aktivitas atau pekerjaan yang akan dilakukan hari itu. Stres ini meningkatkan senyawa epinefrin, efeknya detak jantung jadi lebih cepat, serangan jantung yang fatal pun bisa terjadi. 

 

Penyebab paling umum dari serangan jantung karena adanya plak lemak yang menyumbat aliran darah ke jantung yang disebut aterosklerosis. Ketika ada sumbatan pada pembuluh darah, jaringan di jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Kurangnya aliran darah tersebut nantinya akan menyebabkan kerusakan jaringan dan akhirnya terjadi gangguan fungsi atau serangan jantung.

 

Selain itu, gangguan irama jantung atau sering disebut aritmia juga bisa menjadi penyebab seseorang meninggal mendadak. Biasanya irama jantung bisa terlalu cepat, lambat, terlalu awal, atau bahkan tidak beraturan. Apabila kondisi ini terjadi, lama kelamaan akan menyebabkan gangguan, salah satunya risiko serangan jantung.

 

Ketika serangan jantung terjadi, penderita dapat mengalami rasa tidak nyaman pada dada. Gejalanya antara lain, dada terasa nyeri, berat, dan bahkan sesak napas sampai berkeringat. Namun terkadang gejala serangan jantung sulit diketahui, karena kejadiannya sangat singkat dan mematikan. Bahkan biasanya terjadi dalam hitungan detik atau menit. 

 

Penyebab serangan jantung pada usia muda

 

Serangan jantung ternyata lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan wanita, bahkan di usia muda sekalipun. Penyebabnya karena kandungan estrogen pada pria jumlahnya sedikit, tidak sebanyak yang ada di dalam tubuh wanita. Hormon estrogen ini, punya sifat protektif alias bisa melindungi jantung dari segala kondisi berbahaya, termasuk serangan jantung. 

 

Sedangkan pada usia muda, serangan jantung bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, merokok, kurangnya istirahat, stres, dan juga konsumsi alkohol berlebihan. Inilah yang menyebabkan persentase serangan jantung pada usia muda hampir seimbang dengan yang sudah tua. Jadi, apabila ada keluhan sakit dada atau sesak napas, segera periksa ke dokter.

 

Cara menjaga kesehatan jantung

 

Sebenarnya upaya untuk menjaga organ jantung agar tetap sehat itu cukup mudah. Cara pertama adalah mengomsumsi makanan sehat. Lebih spesifiknya, ikuti pola makan atau diet mediterania yang terbukti baik untuk jantung. Untuk diketahui, diet mediterania merupakan cara mengatur pola makan yang mengharuskan pengikutnya mengonsumsi yang mengandung, sayur, buah, kacang-kacangan, gandum utuh. Saat melakukan diet mediterania, dianjurkan untuk menghindari lemak, makan daging merah, serta produk susu secara berlebihan.

 

Olahraga yang rutin dilakukan selama lima kali dalam satu minggu juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Durasi olahraga yang baik juga perlu dilakukan minimal 30 menit dalam sehari dan tidak dilakukan berlebihan. Karena olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan jantung lelah dan akhirnya mengalami kegagalan fungsi pada jantung.

 

Anda juga bisa minum suplemen Blackmores Odourless Fish Oil 1000 mg sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan jantung. Karena Blackmores Fish Oil 1000 mg mengandung omega-3 EPA, DHA yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko jantung juga stroke. Anda bisa mendapatkan suplemen dengan mudah di sini.

 

 

 

 

 

 

Ingat, serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan tidak memandang orang. Yuk, langsung terapkan hidup sehat serta mengonsumsi Blackmores Odourless Fish Oil 1000 mg dari KALCare. KALBE Store menyediakan suplemen kesehatan dewasa & vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dengan kualitas terbaik. Karena KALCare Menjual Suplemen Makanan & Vitamin Dewasa Terbaik Online.

 

 

Salam,

 

KALCare

 

 

Sumber:

 

klikdokter.com