Jangan Salah, Ini Urutan Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil

Jangan Salah, Ini Urutan Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil

Usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI kepada si kecil. Pada masa ini, pencernaan si kecil umumnya sudah cukup siap untuk menerima makanan selain ASI. Meski demikian, orang tua harus tahu bahwa pencernaan bayi usia 6 bulan masih belum cukup kuat untuk menerima makanan padat layaknya orang dewasa. Makanan bertekstur lembut seperti bubur pun menjadi pilihan. Meski ada yang mengatakan bahwa susu formula anak juga sudah bisa diberikan di usia ini, pemberiannya harus dengan rekomendasi dokter. Selain itu, orang tua juga harus tahu urutan memperkenalkan MPASI kepada si kecil.

 

Memberikan Sereal

Pada masa-masa awal perkenalan dengan makanan padat, bayi hanya boleh diberi makanan yang lembut seperti sereal. Jenis sereal yang diberikan pun ada urutannya, yakni sereal nasi, sereal barley, sereal oat dan sereal gandum. Orang tua juga harus peka terhadap reaksi alergi pada anak. Jika ditemukan ada ruam merah pada kulit setelah si kecil mendapatkan sereal, segera hentikan dan konsultasikan ke dokter.

 

Ayam atau Daging Sapi

Saat pencernaan si kecil sudah lebih siap dan terbiasa dengan makanan padat seperti sereal, orang tua bisa mulai memperkenalkan makanan pendamping lain seperti ayam atau daging sapi. Meski demikian, orang tua tetap harus menghaluskan makanan tersebut sebelum memberikannya kepada si kecil.

 

Sayuran

Sebagai perkenalan, sebaiknya pilih sayuran berwarna hijau terlebih dahulu. Jangan rebus sayur terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak rusak. Setelah itu, haluskan sayuran tersebut dan berikan kepada anak.

 

Buah

Bahan makanan yang satu ini memang sengaja diberikan di akhir setelah sayuran karena rasanya yang manis. Jika bayi diberi makanan manis terlebih dahulu, biasanya ia cenderung susah makan sayuran. Cara mengolahnya kurang lebih sama seperti bahan makanan lainnya, yakni harus dihaluskan terlebih dahulu.

 

 

Setelah si kecil berusia 1 tahun, pemberian makanan pendamping lain seperti susu formula anak baru boleh diberikan. Ini dilakukan untuk menghindari reaksi alergi. Pemilihan susu formula anak sendiri juga harus dilakukan dengan cermat. Susu formula sendiri kini tersedia dalam berbagai pilihan usia dan beberapa basis susu. Namun untuk urusan kualitas, Susu Morinaga jelas salah satu di antara yang terbaik.

 

 

 

Salam,

KALBE Store