Ubah Pola Pikir Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal


Ubah Pola Pikir Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal

Ubah Pola Pikir Bantu Dapatkan Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap wanita. Namun tahukah Anda, menurut Andy Puddicombe, penulis buku The Headspace Diet yang dikutip oleh Daily Mail, wanita memikirkan makanan hingga 200 kali sehari! Menurutnya juga, makanan adalah hal yang dipikirkan setiap pagi, namun efeknya baru terpikirkan ketika malam hari tiba. Jadi, saat sudah terlanjur melahap banyak makanan, para wanita baru menyadari efek makanan-makanan yang diasupnya itu bagi berat badan, lingkar pinggang, pipi chubby, dan sebagainya. Wah, tentunya ini berbahaya bagi kelangsungan diet Anda, bukan?   Oleh karena itu, salah satu kunci agar diet Anda berhasil adalah, dengan mengubah pola pikir Anda sedini mungkin.

 

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui tipe-tipe food thinker.   Teori food thinker mengategorikan manusia ke dalam beberapa kelompok berdasarkan kebiasaan makannya.

 

Tipe pertama disebut The Nibbler, yaitu seseorang yang sangat suka ngemil meskipun ia sebenarnya tidak merasa lapar. The Gorger adalah seseorang yang sudah putus asa dalam diet, dan berpikir bahwa sekeras apapun ia berdiet, tetap saja berat badan ideal tidak akan dapat dicapai, sehingga ia cenderung akan susah melepaskan kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Kebalikannya, The Diet Junkie, adalah seseorang yang suka mengikuti tren diet, namun tanpa memerhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam makanannya. Sementara itu, The Binger adalah golongan orang yang mudah tergoyah untuk menghentikan diet karena suatu hal, misalnya makanan di pesta. Lalu, ada juga The Zombie, yaitu seseorang yang makan tanpa memerhatikan nutrisi, yang penting perut kenyang dan hati senang. Tipe terakhir adalah The Comfort Eater, yaitu seseorang yang menggunakan makanan sebagai pelampiasan emosional untuk melampiaskan rasa sedih atau sakitnya.

 

Nah, setelah Anda mengetahui tipe food thinker manakah Anda, maka sebaiknya ubah pola makan Anda. Biasakan untuk memakan makanan dalam porsi kecil, namun dengan frekuensi yang ditingkatkan, misalnya 3-4 jam sekali. Lalu, ubah cara pikir Anda. Sadarilah bahwa, diet bukan hal yang instan dan tidak perlu dipandang sebagai sebuah siksaan. Hanya saja, untuk mendapatkan berat badan ideal, memang butuh waktu dan pengorbanan, walaupun bukan berarti diet tidak bisa menyenangkan.

 

Bersantailah dan nikmati setiap proses diet yang dilakukan. Yang paling penting, adalah berhenti mencari alasan untuk tidak olahraga dan memakan makanan sesuka hati. Disiplinlah dalam melakukan diet dan olahraga, agar hasilnya maksimal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store