Tips Tetap Prima di Bulan Puasa

Tips Tetap Prima di Bulan Puasa

Selama bulan puasa, seluruh umat Islam diwajibkan untuk menahan haus, lapar dan segala nafsu yang dimilikinya. Karena harus menahan lapar selama 1 hari penuh, tak sedikit yang justru terlihat lemas dan tak memiliki semangat. Padahal puasa bukanlah alasan untuk malas bekerja dan berkarya. Tapi harus diakui, puasa memang bisa membuat siapa pun merasakan hal tersebut. Namun jika Anda tahu bagaimana cara menjaga kondisi tubuh agar tetap prima di bulan puasa, hal-hal seperti di atas tidak akan Anda alami.

 

Berganti ke Karbohidrat Kompleks

Orang Indonesia umumnya lebih menyukai makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Sebut saja nasi yang telah menjadi standar makan ideal. Bahkan ada yang bilang kalau belum makan nasi maka belum bisa disebut makan. Agar tubuh tetap bugar dan tidak cepat lemas saat menjalankan ibadah puasa, cobalah untuk mengganti karbohidrat sederhana ini dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, gandum atau beras hitam. Mengonsumsi karbohidrat kompleks juga akan membantu Anda agar tidak cepat lapar.

 

Minum yang Cukup

Meski sedang puasa sekalipun, kebutuhan air harian kita masihlah sama yakni kurang lebih 8 gelas per hari. Karena itu, pastikan untuk memenuhinya. Menjaga cairan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi parah akan membantu Anda tetap bugar selama bulan puasa. Memang dibutuhkan strategi khusus agar kebutuhan ini bisa terpenuhi. Misalnya saja dengan minum 3 gelas air putih saat sahur dan 5 gelas air putih saat berbuka hingga sebelum tidur.

 

Hindari Kafein dan Makanan Berlemak

Kafein adalah lawan dari cairan tubuh. Ia juga bisa memicu Anda buang air kecil lebih sering. Jika mengonsumsinya, Anda harus mengganti cairan tubuh dengan minum air putih lebih banyak dari biasanya. Meski tak memiliki efek yang sama persis, mengonsumsi makanan berlemak saat bulan puasa sebaiknya juga dikurangi. Dengan makan makanan berlemak, tubuh cenderung mudah mengantuk.

 

Menyeimbangkan gizi dengan makanan makanan sehat dan lengkap juga sangat penting untuk membantu Anda tetap prima selama menjalankan ibadah puasa. Untuk Anda yang sedang menjalani pemulihan atau membutuhkan suplemen tambahan, Anda bisa menambahkan Blackmores dalam menu berbuka atau sahur Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store