Tips Tetap Bugar Selama Menyusui

Tips Tetap Bugar Selama Menyusui

Buah hati yang baru lahir tentu membuat Anda menaruh perhatian ekstra padanya terlebih saat harus menyusui si buah hati. Bukan hanya untuk memberikan perhatian pada lingkungannya, namun Anda juga perlu untuk memperhatikan asupan makanan agar ASI yang dihasilkan berkualitas.

 

Memberikan perhatian ekstra pada bayi, menyusui dan mungkin melakukan kegiatan rumah tangga lainnya saat ini harus Anda jalani. Banyaknya kegiatan yang harus Anda lakukan setiap harinya membuat tubuh Anda tidak bugar.

 

Padahal jika tubuh tidak bugar, maka ASI yang Anda hasilkan pun tidak berkualitas sehingga berpengaruh pada perkembangan anak. Lalu bagaimana cara agar tubuh tetap bugar selama menyusui?

 

Perhatikan apan gizi

Agar menjaga tubuh tetap bugar selama masa menyusui, perhatikan asupan gizi pada makanan Anda. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan buah hati. Konsumsi juga buah-buah dan sayuran karena pada buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh selama menyusui dan menghasilkan ASI yang berkualitas.

 

Minum Susu

Di dalam susu untuk ibu menyusui terdapat banyak manfaat penting yang dapat membuat tubuh tetap bugar dan ASI melimpah. Susu Prenagen Lactamom merupakan susu yang tepat untuk ibu yang menyusui. Dalam susu ini ada banyak kandungan penting seperti Asam Folat, Kolin, DHA, serta Omega 3, 6, dan 9 yang sangat bermanfaat untuk ibu dan untuk bayi.

 

Makan teratur

Banyaknya aktivitas yang dilakukan terkadang membuat ibu menyusui menjadi malas makan. Usahakan untuk tetap makan 3 kali sehari. Makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan kalsium tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Minum air cukup

Dehidrasi dapat terjadi pada Anda, jika Anda tidak minum air dengan cukup. Minumlah air putih 8 gelas perhari agar cairan tubuh seimbang. Jika Anda kurang minum air putih selama masa menyusui, hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemas. Air putih juga dapat membantu metabolisme tubuh dalam menyerap dan mengolah gizi dalam makanan.

 

Olahraga ringan secara teratur

Saat menyusui sangat wajar jika tubuh Anda terasa tidak bugar akibat rasa letih. Meskipun Anda merasa letih, sebaiknya tetap melakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar. Olahraga yang dapat Anda lakukan saat masa meyusui antara lain berjalan kaki atau senam.

 

Istirahat cukup

Manfaatkan waktu saat bayi Anda tidur dengan istirahat. Istirahat cukup agar tubuh Anda lebih bugar. Kurangnya istirahat pada ibu menyusui dapat berpengaruh pada kualitas ASI yang dihasilkan.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tetap bugar selama masa menyusui. Diharapkan dengan bugarnya kondisi ibu, ASI yang dihasilkan pun menjadi berkualitas.

 

 

 

Salam,

KALBE STORE