Tips Tetap Bugar Selama Masa Kehamilan


Tips Tetap Bugar Selama Masa Kehamilan

Tips Tetap Bugar Selama Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, mungkin Anda sering merasa tidak nyaman karena perubahan hormon dalam tubuh Anda. Rasa mual atau muntah pun sering datang sehingga membuat Anda merasa tidak dalam keadaan yang fit.

 

Rasa tidak nyaman yang Anda alami selama masa kehamilan membuat Anda malas melakukan aktivitas. Padahal masa kehamilan adalah waktu yang tepat untuk merawat tubuh Anda dan bayi secara fisik dan emosional.

 

Merawat diri selama masa kehamilan juga dapat membuat tubuh Anda semakin sehat dan bayi pun ikut sehat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar selalu bugar selama masa kehamilan.

 

Olahraga

Saat masa kehamilan mungkin Anda merasa tidak dalam mood untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk olahraga. Padahal olahraga baik untuk menjaga kebugaran Anda selama hamil.

 

Sebaiknya Anda berolahraga dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil adalah berjalan, berenang, yoga dan senam.

 

Berolahraga secara teratur selama masa kehamilan dapat mengurangi sakit punggung, morning sickness dan konstipasi selama mengandung. Berolahraga secara teratur akan melatih jantung dan paru-paru Anda untuk bekerja ekstra saat melahirkan.

 

Makan makanan sehat

Saat hamil, perhatikan pula pola makan dan makanan yang Anda konsumsi. Meskipun Anda mengandung si buah hati, bukan berarti Anda harus makan banyak untuk mencukupi kebutuhan dua orang.

 

Atur pola makan dengan diet yang seimbang, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan selama masa kehamilan. Kurangi makanan berlemak dan kafein untuk menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan. Konsumsi makanan tinggi serat, protein, folat dan zat besi sebagai nutrisi untuk perkembangan buah hati.

 

Kurangi paparan bahan kimia

Bahan kimia terkandung pada produk-produk rumah tangga, kosmetik dan makanan yang Anda konsumsi. Untuk mengurangi paparan bahan kimia pada saat kehamilan, usahakan Anda tidak membersihkan rumah dengan pembersih/cairan yang mengandung bahan kimia tinggi.

 

Jika Anda ingin memakai kosmetik saat hamil, pilih produk yang tidak mengandung bahan kimia atau berasal dari alam. Untuk mengurangi bahan kimia pada makanan, pilih makanan organik dan cuci buah dan sayur sebelum dimasak untuk membersihkannya dari pestisida.

 

 

 

Salam,

KALBE Store