Tips Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa


Tips Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Tips Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Tak terasa puasa sudah hampir tiba. Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, apakah sudah mempersiapkan diri untuk menyambutnya? Menahan hawa nafsu termasuk nafsu makan selama 1 hari penuh tentunya tidak bisa dilakukan begitu saja. Jika dilakukan secara sembarangan, ini justru bisa menyebabkan masalah. Tak hanya merasa lemas, puasa seperti ini juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satu diantaranya adalah mag. Agar puasa Anda lebih maksimal dan mampu memberi manfaat kesehatan, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

 

Jangan Melewatkan Sahur

Sahur itu wajib hukumnya. Bukan hanya secara normatif saja, sahur juga menjadi satu-satunya kesempatan bagi Anda untuk mengisi tubuh dengan makanan. Makanan inilah yang nantinya menjadi sumber energi selama menjalani hari. Makan sahur pun sebaiknya bergizi. Karena makanan kali ini harus bisa memberi asupan energi selama satu hari, sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung kalori, protein dan serat. Nutrisi lain seperti vitamin juga dibutuhkan.

 

Hindari Makanan Berminyak

Sebenarnya tidak ada salahnya makan makanan berminyak. Hanya saja, kurangi jumlahnya. Makan makanan berminyak bisa meningkatkan sel darah merah menggumpal dan menghambat aliran oksigen dalam tubuh. Akibatnya, Anda akan merasa cepat mengantuk.

 

Berbuka dengan Makanan Manis dan Makan Secukupnya

Karena sudah menahan lapar selama 1 hari penuh, tak sedikit yang memanfaatkan momen berbuka puasa dengan makan makanan sebanyak-banyaknya. Ini seperti aksi balas dendam. Sebaiknya berbukalah dengan minuman dan makanan manis. Tujuannya adalah untuk menekan nafsu makan agar tidak berlebih. Jumlahnya juga harus diperhatikan. Jangan terlalu banyak agar tidak membuat gula darah melonjak. Saat perut sudah kenyang, berhentilah. Makan terlalu kenyang hanya akan membuat perut terasa penuh. Badan pun cenderung terasa kurang nyaman.

 

Selama berpuasa, aktivitas tetap harus dilakukan. Mungkin memang akan terasa berat. Tapi aktivitas fisik sendiri sebenarnya dibutuhkan agar kondisi tubuh tetap prima. Untuk membantu menjalankan ibadah puasa, tak ada salahnya mengonsumsi suplemen tambahan. Suplemen tambahan bisa membantu menjaga kondisi kesehatan Anda dan melengkapi nutrisi yang tak dapat dipenuhi oleh makanan pokok. Untuk yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti Blackmores.

 

 

 

Salam,

KALBE Store