Tips Perayaan HUT RI Selama New Normal


Tips Perayaan HUT RI Selama New Normal

Tips Perayaan HUT RI Selama New Normal

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini berbeda dari yang biasanya. Bagaimana tidak, penyebaran covid-19 di sejumlah Negara termasuk Indonesia menyebabkan masyarakat harus melakukan social distancing. Sehingga perayaan seperti upacara dan lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus tidak dapat dilakukan.

 

5 kegiatan untuk merayakan HUT RI bersama anak selama new normal

 

Peniadaan lomba selama HUT RI mungkin membuat sebagian dari Anda kecewa. Tidak terkecuali anak-anak yang merindukan kompetisi ringan yang biasa diadakan oleh sekolah atau lingkungan rumah. Tentunya Anda sebagai orang tua tidak ingin bukan melihat antusiasme Si kecil menurun karena tidak ikut merayakan lomba 17-an? Nah, untuk itu KALCare tips kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak untuk merayakan HUT RI di rumah saja.

 

1. Menonton upacara kemerdekaan bersama

Selain lomba, perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan upacara bendera. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh tiap sekolah sehingga Si Kecil pun mengikutinya bersama teman-teman dan guru. Karena sebagian besar kegiatan belajar-mengajar belum dapat dilakukan di sekolah pada masa new normal, Anda bisa mengajak anak menonton bersama Upacara Kemerdekaan Nasional.

 

Upacara yang diselenggarakan di Istana Merdeka ini rutin dilakukan setiap tanggal 17 Agustus dan disiarkan oleh media, tidak terkecuali pada tahun ini. Walaupun peserta dan petugas Upacara tahun ini dibatasi oleh Presiden untuk mencegah penularan covid-19. Dengan mengajak anak menonton Upacara, diharapkan Si Kecil tetap dapat menjunjung rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air dalam kondisi apapun.

 

2. Mengheningkan cipta

Perayaan 17-an memang seringkali dibuat secara meriah. Tetapi jangan lupa, pada perayaan Kemerdekaan ini, ada jasa dari para pahlawan Bangsa yang pada zaman dahulu memperjuangkan Indonesia agar bebas dari penjajah. Ayo ajak Si Kecil untuk mengenang jasa pahlawan dengan mengheningkan cipta untuk mengungkapkan syukur atas jasa-jasa pahlawan Indonesia. Atau Anda juga bisa mengajak Si Kecil beribadah bersama khusus untuk mendoakan jasa para pahlawan.

 

3. Membaca sejarah pahlawan Indonesia

Selain mengheningkan cipta, ajarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan membaca buku. Dengan begitu, Si Kecil dapat mengetahui proses panjang yang dilakukan oleh para pejuang Bangsa untuk mencapai kemerdekaan, serta nama-nama pahlawan Indonesia. Anda bisa memilih buku sejarah dengan tampilan gambar dan warna yang inspiratif untuk menarik perhatian si buah hati. Atau Anda bisa menggunakan video sebagai pembelajaran visual anak mengenai perjuangan pahlawan Indonesia yang tentunya banyak disediakan oleh aplikasi video daring.

 

4. Membuat lomba sederhana di rumah

Walaupun di rumah saja, Anda tetap bisa lho mengadakan lomba untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Misalnya membuat lomba makan kerupuk, lomba mewarnai, atau lomba memasukkan pensil ke dalam botol yang diikuti oleh anggota keluarga. Lalu buat juga kegiatan menghias rumah dengan ornamen kemerdekaan seperti Bendera Merah Putih untuk memeriahkan acara 17 Agustus.

 

5. Memasak makanan khas Nusantara

Cara selanjutnya untuk meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta Tanah Air pada anak bisa dilakukan dengan memasak makanan khas Nusantara. Dengan begitu, anak dapat mengetahui bahwa kekayaan budaya Indonesia juga meliputi makanan khas Nusantara dengan cita rasa yang beragam. Sehingga diharapkan anak juga dapat menghargai karya asli Bangsa Indonesia dan lebih menyukai makanan Indonesia. Ajak juga Si Kecil untuk memasak agar mengetahui proses pembuatan makanan khas Indonesia dan meningkatkan kreativitas anak.

 

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat kegiatan sederhana untuk merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di masa new normal? Jangan lupa untuk tetap dukung aktivitas Si Kecil dengan Morinaga Chil School Platinum ya Fams. Dengan Formula Moricare+ Zigma, Morinaga Chil School mendukung Kecerdasan Multi talenta, Pertahanan Tubuh dan Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil. Dapatkan Morinaga Chil School Platinum dengan mudah di sini.

 

berikan nutrisi lengkap dengan Morinaga Chil School Platinum untuk dukung generasi Indonesia Maju

 

Salam,

 

KALCare