Tips Penuhi Kebutuhan ASI Si Kecil

Tips Penuhi Kebutuhan ASI Si Kecil

ASI adalah makanan terbaik sekaligus makanan satu-satunya untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan. Meski ada susu formula, makanan tambahan ini hanya boleh diberikan saat si kecil sudah menginjak usia 1 tahun. Memberikannya terlalu dini bisa membawa dampak yang cukup serius bagi kesehatannya nanti. Namun memenuhi kebutuhan ASI si kecil bisa cukup menantang. Belum lagi jika produksi ASI kurang lancar. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara memberikan ASI yang benar. Untuk itu, berikut tips penuhi kebutuhan ASI si kecil.

 

Segera Beri ASI Saat Bayi Menginginkannya

Di masa awal menyusui, sulit untuk mengetahui jam menyusui si kecil. Untuk itu, Anda cukup memberinya ASI saat ia membutuhkannya. Ini bisa diketahui dari tangisannya. Saat si kecil menangis, cobalah untuk memberinya ASI. Lakukan ini secara berkala hingga terbentuk pola menyusui yang sesuai dengan kebutuhan si kecil.

 

Jika Kecil Sering Tidur, Bangunkan Ia dan Berikan ASI Sesuai Kebutuhannya

Jika jam menyusui sudah terbentuk dan si kecil cenderung lebih sering tidur, jangan ragu untuk membangunkannya. Jangan sampai ia terus tertidur hingga kekurangan nutrisi. Jika kondisi seperti ini terus berlangsung, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

 

Pahami Saat Si Kecil Masih Merasa Lapar

Anda harus tahu saat si kecil merasa kenyang dan saat ia masih merasa lapar. Biasanya bayi cenderung rewel saat ia merasa lapar atau belum kenyang. Jika si kecil menunjukkan tanda-tanda ini, beri ia ASI hingga merasa puas.

 

Konsumsi Makanan Sehat

Ibu menyusui juga perlu menjaga produksi ASInya dengan mengonsumsi makanan sehat seimbang. Hanya dengan cara inilah produksi ASI tetap lancar. Lebih dari itu, kebutuhan ASI si kecil pun bisa tetap terpenuhi. Namun jika Anda memiliki masalah medis dan sulit memproduksi ASI, ada kalanya untuk mempertimbangkan susu formula.

 

 

Meski ASI eksklusif hanya sampai usia 6 bulan, hendaknya ASI tetap diberikan hingga si kecil berusia 2 tahun. Anda juga bisa memberinya susu formula saat usianya sudah tepat. Dengan memberikan si kecil nutrisi terbaik dari Susu Morinaga, pertumbuhannya juga akan lebih optimal.

 

 

 

Salam,

KALBE Store