Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes Bersama Diabetasol


Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes Bersama Diabetasol

Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes Bersama Diabetasol

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang cukup berat? Olahraga baik untuk menjaga kebugaran dan menekan resiko terburuk dari diabetes. Namun berbeda dengan mereka yang tak memiliki masalah diabetes, olahraga bisa menjadi aktivitas yang menantang bagi para penderita diabetes. Agar olahraga tetap bisa dilakukan dengan baik, Anda bisa menerapkan beberapa tips olahraga berikut ini dan melengkapinya dengan minum susu Diabetasol.

 

Ketahui Batas Kemampuan

Sebelum berolahraga, satu hal yang harus Anda pahami adalah batas kemampuan Anda sendiri. Dalam beberapa hal, mendobrak batasan diri memang baik. Akan tetapi dalam beberapa hal yang lain, ada baiknya Anda jangan terlalu memaksakan diri. Ada beberapa cara untuk mengetahui batasan kemampuan Anda. Salah satunya adalah dengan langsung berolahraga dan mencermati kapan Anda merasa lelah. Selain dengan cara tersebut, penderita diabetes juga bisa melakukan tes di rumah sakit untuk mengetahui intensitas olahraga yang dapat dilakukan.

 

Periksa Gula Darah Sebelum Olahraga

Kondisi terburuk untuk melakukan olahraga adalah saat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bagi para penderita diabetes, ini adalah waktu yang berbahaya. Karena itu cek gula darah sebelum olahraga. Pastikan untuk berolahraga hanya saat gula darah Anda berada di titik normal atau setidaknya tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Anda juga bisa berolahraga 1 jam setelah makan. Pada waktu ini, kondisi gula darah biasanya sedikit lebih tinggi dan relatif aman untuk berolahraga.

 

Pilih Olahraga yang Tepat

Tidak semua jenis olahraga cocok untuk penderita diabetes. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes diantaranya adalah renang, yoga dan latihan aerobik. Olahraga tersebut juga tidak terlalu memberatkan fisik sehingga Anda bisa terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

 

Selain pelaksanaan olahraga, hal yang juga tidak kalah penting adalah peregangan. Setelah selesai berolahraga, pastikan untuk melakukan peregangan selama 5 sampai 10 menit. Tujuan peregangan ini adalah agar otot lebih relaks. Para penderita diabetes juga harus mengukur kembali gula darahnya. Jika gula darah rendah dan kepala terasa pusing, segera naikkan. Begitu pula sebaliknya. Minum susu Diabetasol selepas berolahraga juga baik untuk menjaga kondisi gula darah.

 

 

 

Salam,

KALBE Store