Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes


Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes

Tips Olahraga untuk Penderita Diabetes

Olahraga adalah kegiatan fisik yang harus dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Lalu bagaimana dengan penderita diabetes?

 

Penderita diabetes tentu saja boleh berolahraga. Bagi para penderita diabetes yang olahraga secara teratur, hal ini bisa bermanfaat untuk memperbaiki kontrol kadar gula darah. Selain itu manfaat olahraga bagi para penderita diabetes juga dapat menurunkan berat badan, mencegah perut buncit dan menurunkan resiko penyakit jantung.

 

Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh para penderita diabetes antara lain.

 

1. Renang

Olahraga renang adalah salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes karena renang tidak menggetarkan sendi seperti basket atau jogging. Renang juga dapat Anda lakukan dalam waktu yang lama sehingga akan melatih kardiovaskular yang dapat memompa darah dan oksigen lebih efektif.

 

Renang juga dapat mengurangi kalori dalam tubuh Anda. Renang secara teratur dapat membantu untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah.

 

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang berfokus pada ketenangan (relaksasi). Para penderita diabetes yang melakukan yoga secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, sirkulasi darah dan kekebalan tubuh. Jika Anda ingin melakukan yoga, sebaiknya dengan bantuan profesional agar yoga yang Anda lakukan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

 

3. Latihan beban

Jenis olahraga lain yang cocok untuk penderita diabetes adalah latihan beban. Latihan angkat beban dapat membantu melatih kekuatan otot, tulang dan membakar lemak. Sebaiknya lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu.

 

Olahraga sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes namun sebaiknya perhatikan hal-hal berikut sebelum dan sesudah Anda berolahraga.

 

1. Cek gula darah

Sebelum berolahraga cek gula darah Anda. Jangan berolahraga saat kadar gula sangat tinggi atau sangat rendah. Cek juga kadar gula darah setelah berolahraga, jika Anda merasakan gejala hipoglikemia (kadar gula darah rendah) konsumsi permen atau teh manis untuk menaikkan kadar gula.

 

2. Minum air

Sebelum berolahraga, sebaiknya terlebih dahulu minum air mineral. Hal ini berfungsi agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Jangan lupa untuk minum saat dan setelah berolahraga.

 

3. Lakukan peregangan

Jika Anda sudah selesai berolahraga, lakukan peregangan 5-10 menit agar otot Anda kembali rileks.

 

 

 

Salam,

KALBE Store