Tips New Normal Bagi Penderita Rhinitis Alergi

Tips New Normal Bagi Penderita Rhinitis Alergi

Apakah Anda termasuk orang yang alergi terhadap debu atau serbuk sari bunga? Atau mungkin alergi terhadap bulu hewan? Bisa jadi Anda mengidap rhinitis alergi. Rhinitis alergi merupakan reaksi alergi yang didiagnosis terkait dengan sekelompok gejala yang memengaruhi hidung.

 

Debu, serbuk sari bunga, bulu hewan, dan jamur termasuk dalam jenis alergen yang dapat memicu rhinitis alergi. Rhinitis alergi disebabkan oleh kelainan respons sistem imun terhadap zat pemicu alergi atau alergen sehingga menyebabkan peradangan pada membran hidung. Pada kondisi normal, zat tersebut sebenarnya tidak berbahaya bagi sistem imun. Tetapi pada orang yang memiliki alergi, sistem imun malah menganggap benda-benda tersebut berbahaya hingga menimbulkan reaksi alergi.

 

upaya pencegahan rhinitis alergi selama pandemi covid

 

Rhinitis alergi dipicu saat alergen masuk ke dalam rongga hidung. Akibatnya, seseorang yang menderita rhinitis alergi akan mengalami gejala-gejala seperti bersin, pilek, dan hidung yang terasa gatal. Tidak hanya sekadar itu, beberapa penderita juga bisa mengalami gejala lainnya. Seperti mata terasa gatal atau berair, mata membengkak dan kelopak mata bawah berwarna gelap, gatal pada mulut dan tenggorokan, muncul ruam pada kulit, lemas, batuk, sakit kepala, hingga mengalami gangguan tidur. Pada anak-anak rhinitis alergi dapat menyebabkan gejala lain yang berupa gangguna pada telinga. Misalnya muncul rasa sakit pada telinga, telinga terasa berdenging, bahkan dapat juga terjadi infeksi yang disertai dengan keluarnya cairan dari telinga tengah.

 

Upaya pencegahan rhinitis  alergi di masa pandemi covid-19

 

Kondisi rhinitis yang membuat penderita mudah mengalami infeksi virus flu. Termasuk jika berdekatan atau melakukan kontak langsung dengan penderita flu.  Gejala rhinitis alergi seperti bersin-bersin atau keluarnya cairan hidung akibat alergi tentu dapat menimbulkan dugaan bahwa orang tersebut menderita covid-19. Apalagi flu merupakan gejala yang sama-sama muncul pada penderita rhinitis alergi dan pasien positif covid. Padahal rhinitis alergi termasuk penyakit yang sulit untuk dihilangkan.

 

Maka dari itu, penderita rhinitis alergi perlu melakukan upaya pencegahan agar tidak kambuh dengan menghindari hal-hal yang memicu alergi. Misalnya dengan menghindari penggunaan kipas angin atau karpet. Selain itu penderita rhinitis alergi juga perlu menggunakan masker tiga lapis terutama pada saat bepergian.

 

Menurut Dokter spesialis alergi-imunologi, dr. Iris Rengganis SpPD-KAI, masker tiga lapis paling baik bagi penderita rhinitis alergi dan sangat menolong jika hendak keluar rumah. Sebab penderita rhinitis alergi lebih sensitif, sehingga memerlukan perlindungan yang lebih daripada orang biasa. Sementara saat di dalam rumah, penggunaan masker kain atau masker dua lapis cukup digunakan oleh penderita rhinitis alergi karena lingkungannya lebih jelas.

 

Penggunaan masker pada penderita rhinitis alergi juga perlu diperhatikan. Sebab jika salah memasang masker, penderita tetap dapat mengalami alergi bersin-bersin dan flu. Masker tiga lapis biasanya memiliki kawat pada area hidung. Pastikan kawat tersebut ditekuk atau dibentuk mengikuti bentuk hidung agar tidak ada alergen yang masuk ke hidung. Agar lebih maksimal, penderita rhinitis alergi dapat menggunakan masker beserta face shield.

 

Selain menggunakan masker, dr. Iris juga menyarankan orang dengan rhinitis alergi untuk mengonsumsi antioksidan. Anda bisa mendapatkan antioksidan dengan mengonsumsi suplemen Truxanthin. Sebab Truxanthin merupakan suplemen kesehatan yang mengandung kombinasi antioksidan eksogen dan endogen sebagai perlindungan tubuh terhadap serangan radikal bebas serta virus. Dapatkan Truxanthin dengan mudah hanya di sini. Lalu jangan lupa juga untuk selalu menyediakan tisu, selalu membersihkan saluran pernapasan, dan tetap rajin mencuci tangan. Semoga dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda yang menderita rhinitis alergi dapat tetap sehat dalam melakukan berbagai aktivitas walaupun pada masa pandemi.

 

konsumsi suplemen antioksidan truxanthin dapat membantu mencegah rhinitis alergi

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/penyakit/rhinitis-alergi

https://republika.co.id/berita/qbdo4h414/punya-rhinitis-alergi-kenakan-masker-3-lapis-saat-pandemi