Tips Minum Teh Untuk Penderita Diabetes

Tips Minum Teh Untuk Penderita Diabetes

Makan enak bagi penderita diabetes mungkin terdengar seperti mimpi yang tidak akan bisa terwujud. Sedikit yang bisa dimakan, lebih banyak yang harus dijauhi. Bahkan sekedar menikmati secangkir teh saja ada aturannya. Namun aturan ada untuk menjamin kesehatan penderita diabetes itu sendiri. Selama mematuhi aturan tersebut, penderita diabetes tetap bisa menikmati minuman favoritnya. Anda juga bisa menikmati secangkir teh yang Anda sukai dan minum susu diabetes untuk membantu mengontrol gula darah. Berikut tips minum teh untuk penderita diabetes.

Memilih Teh Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa teh memiliki potensi luar biasa untuk memberi manfaat bagi penderita diabetes. Hal ini bisa menjadi salah satu kunci untuk mengatur kadar gula darah yang baik. Berikut beberapa jenis teh yang baik untuk penderita diabetes

 

  • Teh hijau

Di antara beragam jenis teh yang ada, teh hijau adalah teh yang mengandung polifenol paling tinggi. Teh ini tidak melalui proses fermentasi. Karena alasan itulah teh hijau tinggi polifenol. Menariknya lagi, minum teh hijau secara teratur bisa membantu menurunkan gula darah. Manfaat ini mirip seperti yang bisa Anda jumpai pada susu diabetes.

  • Teh hitam

Teh hitam mengandung zat yang bermanfaat seperti theflavin dan thearubigins yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan penurun gula darah yang baik. Penelitian telah mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam membantu menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali. Disarankan untuk minum sekitar 3 cangkir teh hitam per hari untuk mendapatkan khasiatnya.

  • Teh kayu manis

Kayu manis, tidak hanya menawarkan aroma yang memikat tetapi juga memiliki khasiat penyembuhan yang baik untuk penderita diabetes. Minum teh kayu manis secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah. Kayu manis bekerja dengan memperlambat pemasukan gula ke dalam aliran darah, meningkatkan penyerapan glukosa seluler dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Teh chamomile

Teh chamomile adalah salah satu ramuan teh herbal yang baik untuk penderita diabetes. Anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat dapat mengoptimalkan kontrol gula darah, mencegah stres oksidatif dan juga membantu menurunkan berat badan. Teh ini juga baik untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh.

Baca juga: Bagaimana Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes?

Jangan Menambahkan Susu

Teh yang dicampur susu memang memiliki rasa yang lebih nikmat. Namun mencampur susu dan teh bukanlah hal yang bijak. Mencampur keduanya hanya akan mengurangi khasiat dari teh dan susu itu sendiri. Lebih buruk lagi, campuran ini bisa memicu masalah kesehatan lain seperti batu ginjal hingga meningkatkan risiko serangan jantung.

Konsumsi Tanpa Gula

Ingat, gula adalah salah satu pantangan penderita diabetes. Mengonsumsinya sangat berisiko mendongkrak kadar gula darah. Lagi pula teh jauh lebih baik jika dikonsumsi tanpa campuran apapun. Namun jika Anda tidak terbiasa dengan teh tawar atau pahit, pastikan untuk memilih pemanis rendah kalori.

Baca juga: Manfaat Susu Diabetasol untuk Penderita Diabetes

Imbangi dengan Cukup Minum Air Putih

 

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku untuk penderita diabetes saja. Mereka yang tidak menderita diabetes juga disarankan untuk mengimbangi kebiasaan minum teh dengan minum lebih banyak air putih. Saat minum teh, Anda cenderung lebih sering buang air kecil. Cairan dalam tubuh juga banyak berkurang. Untuk mengimbanginya, minumlah air putih lebih banyak.

 

Untuk membantu menjaga kestabilan gula darah, susu diabetes juga dibutuhkan. Kandungan nutrisi di dalamnya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama Anda minum Susu Diabetasol secara teratur, kadar gula darah akan lebih terkendali.

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk minuman sehat Diabetasol melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

KALCare

(CRA)

 

Sumber:

  • Healtline.com. Diakses pada 2021. Nutrition Tea For Diabetics
  • Everyday Health. Diakses pada 2021.The Best Teas for People with Diabetes.
  • Everyday Health. Diakses pada 2021.7 Best Teas for People With Diabetes
  • Diabetes.co.uk. Diakses pada 2021. Tea and Diabetes