Tips Merawat Payudara Saat Masa Menyusui


Tips Merawat Payudara Saat Masa Menyusui

Tips Merawat Payudara Saat Masa Menyusui

Selama masa kehamilan, susu ibu hamil membantu mempersiapkan kelahiran. Setelah si kecil lahir ke dunia dan tiba saatnya menyusui, tibalah saatnya bagi ibu untuk memastikan bahwa ASI yang diberikannya cukup dan berkualitas. Merawat payudara pun menjadi penting. Selain untuk menjaga agar payudara tetap sehat, hal ini juga baik untuk menjaga kualitas ASI. Setidaknya, perawatan tersebut bisa menjaga ASI agar tetap bersih dan tidak terkontaminasi bakteri yang berbahaya untuk si kecil. Tapi seperti apa sih perawatan payudara yang benar saat masa menyusui? Berikut tipsnya.

 

Bersihkan Puting dengan Lembut

Selama masa menyusui, kebersihan payudara harus selalu dijaga. Anda bisa melakukannya dengan cara membasuhnya dengan lembut, khususnya pada bagian puting. Jangan gunakan sabun atau sampo saat membersihkannya. Untuk mengatasi puting pecah-pecah, Anda bisa menggunakan salep anti bakteri.

 

Kurangi Rasa Sakit dengan Salep Khusus

Tak jarang para ibu merasakan nyeri pada puting setelah menyusui si kecil. Iritasi ini bisa diatasi dengan mengoleskan salep yang mengandung senyawa lanolin. Salep ini akan membantu mengobati luka dengan cepat dan aman untuk si kecil.

 

Oleskan ASI pada Puting Setelah Selesai Menyusui

Setelah selesai menyusui, oleskan ASI pada bagian puting dan biarkan hingga mengering. ASI dapat membantu melembabkan puting dan menghindarinya dari infeksi. Saat mengoleskan ASI, tidak perlu banyak-banyak, Oleskan saya secukupnya.

 

Jangan Memegang Payudara dengan Tangan Kotor

Saat hendak memegang payudara, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Bakteri yang menempel pada payudara bisa saja masuk ke tubuh si kecil saat menyusui. Selain itu, gantilah bantalan payudara sesering mungkin.

 

Menjaga kesehatan payudara sama halnya dengan menjaga kualitas ASI. Untuk menjaga kualitas ASI, mengonsumsi susu menyusui juga tak kalah penting. Meski selama masa kehamilan hal seperti ini sudah dipersiapkan melalui susu ibu hamil, nutrisi selama menyusui juga harus dipenuhi. Sama halnya dengan susu ibu hamil, susu menyusui juga semakin banyak. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun satu hal yang pasti, selalu pertimbangkan kualitasnya. Memilih susu berkualitas seperti susu Prenagen jelas lebih aman untuk Anda dan buah hati.

 

 

 

Salam,

KALBE Store