5 Tips Merawat Kulit di Usia 40 Tahun ke Atas

5 Tips Merawat Kulit di Usia 40 Tahun ke Atas

Mengonsumsi Suplemen kulit dapat menjadi solusi dalam merawat kulit Anda. Termasuk, ketika Anda memasuki usia 40 tahun, saat secara alami kadar kolagen turun signifikan sebesar 1% per tahunnya. Turunnya kadar kolagen dan hormon estrogen ini dapat menyebabkan elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit cenderung kering dan nampak kusam. Oleh karenanya, perawatan ekstra pun harus dilakukan, seperti menambahkan suplemen ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

Ada beberapa cara lagi yang dapat Anda coba untuk merawat kulit, dan menjaganya agar tetap sehat dan cantik. Berikut ini diantaranya.

1. Menyesuaikan Perawatan Wajah Usia 40-an Tahun ke Atas

 

Perawatan-Wajah-Usia-40-an-Tahun-ke-Atas

Di usia 40 tahun ke atas, masalah yang dihadapi kulit wajah bisa beragam untuk itu perlu pilih Serum khusus Anti-Aging untuk menghindari kerutan atau flek hitam. Ada yang rentan berjerawat, kandungan minyak berlebih, kering, hingga sensitif. Jangan asal tergiur dengan tajuk anti aging, tapi perhatikan kandungan dan fungsi dari produk tersebut.

Untuk usia 40 tahun ke atas, sebaiknya pilih skincare yang punya fungsi hidrasi dan melembapkan dengan kadar tinggi. Produk yang mengandung kolagen dan hyaluronic acid juga penting untuk menjaga kekencangan serta elastisitas kulit. Selain produk dengan fungsi antioksidan, skincare yang mengandung retinol juga banyak diminati untuk usia 40 tahun ke atas. Retinol adalah vitamin A yang larut dalam lemak. Usia 40-an juga merupakan waktu tepat untuk menggunakan produk retinol. Retinol adalah bahan utama dalam memperbaiki, menyempurnakan, dan menghaluskan kulit.

Senyawa ini punya peran penting dalam kesehatan kulit, mulai dari merangsang produksi kolagen untuk menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, hingga mengatasi hiperpigmentasi penyebab bintik hitam dan kulit kusam.

2. Membersihkan Wajah dengan Lembut dan Nyaman

 

Membersihkan-Wajah-dengan-Lembut-dan-Nyaman

Setelah membersihkan wajah, mungkin Anda merasakan sensasi kulit yang mengerut dan seperti tertarik. Hal itu bisa terjadi karena pembersih wajah yang Anda gunakan sudah tak sesuai lagi dengan kondisi kulit wajah Anda yang saat ini semakin kering. Saat usia bertambah, kulit akan dengan mudah dehidrasi serta kehilangan minyak alami yang melembapkan kulit.

Langkah dasar dari perawatan wajah usia 40-an tahun ke atas adalah mengganti pembersih make up dan pembersih wajah dengan formula yang lebih lembut dan melembapkan. Baik Anda memakai make up atau tidak, penting untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur dengan menggunakan pembersih yang lembut.

Pada usia 40 tahun ke atas, direkomendasikan memakai cleanser atau pembersih wajah yang mengandung ceramide, gliserin, dan vitamin E. Ceramide akan mempertahankan kelembapan, gliserin akan memaksimalkan hidrasi permukaan kulit dari lapisan terdalam, dan vitamin E mampu memproduksi kelembapan alami.

Hindari menggunakan make up secara berlebihan untuk menyembunyikan garis dan keriput. Memang, ketika usia 40-an, garis akan menonjol di sekitar mata, alis, dahi, dan mulut. Namun, lebih baik menggunakan make up mineral atau alami, dan kunjungi dokter kulit jika diperlukan.

3. Meningkatkan Frekuensi Pemakaian Sunscreen

Meningkatkan-Frekuensi-Pemakaian-Sunscreen

Untuk merawat kulit wajah usia 40 ke atas tentu tak bisa lekang dari pemakaian tabir surya. Terutama perlu dipakai saat keluar rumah atau beraktivitas di luar ruangan. Kandungan tabir surya yang diperlukan untuk usia matang adalah zinc oxide, titanium dioxide, dan iron oxide.

Ketika memilih tabir surya, cek bagian komposisi di belakang kemasan dan temukan tiga kandungan tersebut. Zinc oxide dan titanium dioxide dapat meminimalisir munculnya flek hitam karena terpapar sinar UVA dan UVB. Ketika berada di bawah sinar matahari lebih dari 10 menit, gunakan tabir surya setidaknya dengan SPF-30, dan gunakan topi atau payung. 

4. Menggunakan Pelembab Mata

Menggunakan-Pelembab-Mata-scaled

Dari seluruh bagian wajah, tanda penuaan biasanya muncul pertama kali pada bagian mata. Garis halus dan kerutan akan muncul di bagian bawah mata, gak jarang diikuti dengan warna kulit yang menggelap.

Pilih krim atau produk perawatan area mata yang tepat. Gunakan dua kali sehari secara rajin karena produk perawatan mata biasanya baru menunjukkan hasil setelah pemakaian rutin selama minimal dua minggu. Tetap gunakan krim mata dan pelembab, agar kulit terlindungi dari kerusakan. Mulai pertimbangkan juga untuk menggunakan serum antioksidan, dan jangan lupakan perawatan di sekitar leher.

Konsumsilah vitamin A yang mengandung antioksidan. Dr Julia Tzu, asisten profesor di klinik dermatologi di New York University School of Medicine mengatakan bahwa, vitamin A dapat meningkatkan sintesis kolagen di kulit, dan membantu mengurangi kerutan, serta menyamarkan noda, dan melembutkan kulit. Minumlah banyak air putih, dan hindari minuman manis, karena kurang cairan dapat memperburuk kulit.

5. Perbaiki Kualitas Tidur

 

Perbaiki-Kualitas-Tidur

Kulit akan memperbaiki diri saat Anda tidur. Jadi, saat mencapai usia 40-an tahun, sebisa mungkin untuk tidur selama 6-8 jam agar kulit memiliki waktu untuk memperbaiki diri. Anda juga perlu memasukan kebiasaan sehat lainnya seperti mengurangi penggunaan ponsel dan sisihkan ponsel setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Kebiasaan ini dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Pola hidup sehat Anda juga sangat tercermin dalam penampilan kulit. Contohnya seperti berikut:

  • Diet sehat akan mendapatkan kulit yang sangat sehat dan awet muda. Jika Anda ingin kulit Anda terlihat luar biasa bahkan di usia 40-an, makanlah dengan hati-hati dan sehat.
  • Kurangi makanan berminyak dan tinggi gula. Gabungkan makanan kaya antioksidan dan banyak buah serta sayuran dalam diet Anda.
  • Olahraga teratur, makan seimbang, dan istirahat yang cukup.
  • Selain tubuh memperbaiki diri ketika kita beristirahat, tidur cukup juga mencegah stres, yang membantu mencegah penuaan ini juga bisa menjadi tips awet muda.

Rekomendasi Suplemen Kulit untuk Usia 40 Tahun

H2-Pure-Skin-30

Kita memang tidak dapat menunda usia, namun masalah kulit bergaris dan keriput tetap dapat diatasi. Suplemen H-2 dapat membantu merawat kulit dari dalam, dengan menutrisi kulit secara optimal, mencegah dan mengatasi kerutan, serta menambahkan kadar kolagen yang menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. 

H2 Pure Skin merupakan suplemen kecantikan untuk mengatasi dan mencegah pertumbuhan jerawat berlebih. Kemampuan ini adalah hasil kerja dari astaxanthin, antioksidan yang berasal dari alga merah.

“Astaxanthin bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan memperbaiki struktur kolagen yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu, astaxanthin juga menghambat pembentukan bintik hitam, menghambat proses oksidasi pada kulit, dan menghambat peradangan pada lapisan kulit bagian atas.”

H2 Pure Skin juga mengandung OPC (Oligomeric Proanthocyanidin Complex) yang berasal dari biji anggur. OPC merupakan sumber vitamin C dan antioksidan kuat yang bermanfaat dalam menghambat timbulnya peradangan pada kulit. Ada juga horsetail yang merupakan bahan herbal anti radang, antimikroba, antioksidan, astringent, dan antiacne yang dapat memulihkan luka akibat jerawat. Vitamin A, C, E, dan zinc juga bersinergi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

H2 Pure Skin dapat mencegah inflamasi pada kulit lho! Untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi 1-2 kali sehari secara rutin. Namun, suplemen ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui ya.

Jangan lewatkan berbagai informasi dan promo menarik khusus produk H2 melalui WhatsApp KALCare atau Telegram KALCare. Nikmati juga berbagai keuntungan berbelanja di KALCare seperti promo menarik, point reward, serta informasi kesehatan terkini melalui artikel atau kulwap bersama pakar yang bisa Anda ikuti di Instagram maupun Facebook KALCare.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

  1. 5 Langkah Sederhana Perawatan Wajah untuk Usia 40 Tahun ke Atas (Diakses pada 18 Mei 2021) https://voi.id/lifestyle/38597/5-langkah-sederhana-perawatan-wajah-untuk-usia-40-tahun-ke-atas