Tips Merawat Anak yang Menderita Diabetes


Tips Merawat Anak yang Menderita Diabetes

Tips Merawat Anak yang Menderita Diabetes

Diabetes pada anak terbilang jarang dijumpai. Tak mengherankan, banyak orang tua yang bingung bahkan panik saat sang buah hati didiagnosis menderita diabetes. Meski demikian, orang tua tetap harus bisa mengendalikan diri. Pikiran harus jernih. Yakinlah bahwa diabetes pada anak bisa diatasi. Ini bisa dimulai dengan mengontrol asupan makanannya termasuk mengontrol konsumsi susu formula sang buah hati. Selain itu, cara-cara di bawah ini juga akan sangat membantu dalam mengatasi diabetes pada anak.

 

Jaga Kadar Gula Darah

Menjaga kadar gula darah bisa dilakukan dengan diet yang tepat. Periksa gula darah anak secara teratur. Beri ia makanan rendah gula. Porsi makanan juga harus dikontrol. Begitu pula dengan pemberian susu formula. Meski susu ini membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, tanpa kontrol yang baik, pemberian susu justru bisa memperburuk kondisi kesehatan anak.

 

Beri Anak Insulin Jika Dibutuhkan

Diabetes anak biasanya terjadi akibat kegagalan pankreas dalam memproduksi insulin. Jika ini yang terjadi, ia jelas membutuhkan suntik insulin setiap hari. Insulin sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yakni insulin kerja cepat, insulin kerja singkat dan insulin kerja panjang. Dokter yang nantinya akan menentukan jenis insulin mana yang tepat. Karena itu, orang tua juga perlu belajar bagaimana cara memberikan insulin kepada anak.

 

Ajak Si Kecil Olahraga Teratur

Pengobatan, konsumsi makanan sehat dan minum susu formula yang tepat hanyalah sebagian cara untuk menjaga si kecil dari risiko terburuk. Selain itu, ia juga membutuhkan olahraga untuk membantu menjaga kadar gula darahnya. Olahraga yang dilakukan juga harus dibatasi. Karena olahraga secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan dan berisiko menurunkan gula darah hingga pada titik yang berbahaya.

 

 

Menjaga kondisi kesehatan anak penderita diabetes memang penuh tantangan. Semua itu harus dilakukan secara totalitas. Mulai dari asupan makanannya, orang tua harus mengontrolnya dengan ketat. Bukan hanya sekedar memberinya makanan sehat saja. Orang tua juga harus memastikan tidak ada gula berlebih pada makanan yang diberikan. Saat memilih susu formula pun juga demikian. Setidaknya, cari susu yang rendah gula dan bergizi seimbang. Untungnya, kini Anda bisa menemukannya pada Susu Morinaga.

 

 

 

Salam,

KALBE Store