Tips Menyimpan Susu Formula yang Sudah Dibuat

Tips Menyimpan Susu Formula yang Sudah Dibuat

Fams, pernahkah Si Kecil tidak menghabiskan susu yang sudah dibuat sehingga Anda harus menyimpan susu formula? Lalu berapa jam susu formula bertahan dan dimana tempat menyimpan susu formula yang aman? Yuk simak penjelasan menyimpan susu formula yang sudah dibuat.

Karena suatu hal, ada kalanya susu formula yang sudah terlanjur dibuat tidak habis diminum oleh Si Kecil. Misalnya saat Si Kecil sudah merasa kenyang atau bahkan ketiduran saat meminum susu. 

 

cara menyimpan susu yang tidak habis diminum

 

Jika sisa susunya hanya sedikit, mungkin tidak ada ruginya jika dibuang. Bahkan sebenarnya, susu yang tidak habis seperti ini memang sebaiknya dibuang. Tapi bagaimana jika sisa susu tersebut masih banyak, apalagi jika belum diminum sama sekali. Tentu sayang jika dibuang begitu saja kan?

Anda sebenarnya bisa menyimpan susu formula yang sudah terlanjur dibuat seperti ini. Hanya saja, Anda tidak bisa menyimpannya begitu saja. Agar susu tersebut tetap layak konsumsi, berikut tips menyimpan susu formula, termasuk Susu Morinaga yang sudah terlanjur diseduh untuk Si Kecil.

Cara menyimpan susu formula yang sudah dibuat

1. Pastikan untuk menyimpan di dalam botol yang steril

 

menyiapkan botol steril untuk menyimpan susu

 

Saat menyeduh susu formula, tentu Anda sudah mensterilkan botol yang hendak digunakan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum membuat susu formula bagi Si Kecil. Hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan tidak ada bakteri atau kuman yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil melalui perantara botol susu. Selain itu, mensterilkan botol susu juga dapat membantu kelayakan susu agar tidak cepat basi. 

 

2. Segera masukkan ke dalam lemari es

Jika Susu Morinaga yang telah disiapkan tidak habis, segera masukkan ke dalam lemari es ya, Fams. Jangan biarkan susu berada di suhu ruang terlalu lama. Semakin lama berada di tempat terbuka, semakin banyak pula bakteri atau kuman yang mencemari susu tersebut. Perlu Anda tahu, susu formula berbeda dari ASI yang memiliki kandungan tertentu seperti makrofag dan limfosit yang dapat membunuh bakteri.

Anda juga perlu memperhatikan suhu lemari es untuk menyimpan susu formula yang sudah terlanjur dibuat. Pastikan suhunya harus 4.4 derajat celcius atau lebih rendah. Suhu lemari es yang terlalu rendah yang membuat susu formula menjadi membeku juga tidak baik diberikan kepada anak.

 

3. Durasi penyimpanan susu

Meski menyimpan susu formula di dalam lemari es bisa membuatnya lebih tahan lama, jangan simpan susu tersebut lebih dari 24 jam. Susu yang melewati rentang waktu tersebut umumnya akan rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Jadi jika sudah melewati waktu tersebut, sebaiknya segera dibuang.

Sedangkan susu yang tidak sempat disimpan dalam lemari es, sebaiknya jangan dikonsumsi setelah lebih dari 2 jam. Susu yang disimpan pada suhu ruang akan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri. Sehingga susu akan memiliki rasa asam yang merupakan tanda adanya aktivitas bakteri di dalam susu tersebut. 

 

4. Jangan memanaskan kembali susu

Selanjutnya, Anda tidak disarankan untuk memanaskan kembali susu yang telah diseduh dan dimasukkan ke dalam kulkas. Sebab hal ini dapat memicu perkembangan bakteri lebih cepat setelah diberi lingkungan hangat yang nyaman untuk tumbuh.

Walaupun menyimpan susu formula yang sudah terlanjur dibuat memang masih diperbolehkan, sebenarnya hal ini tidak dianjurkan ya Fams. Jauh lebih baik jika susu yang sudah dibuat segera dihabiskan. 

Untuk itu Anda perlu mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan susu agar tidak mubazir jika tidak habis. Menurut para ahli, waktu terbaik minum susu adalah pada pagi bersamaan dengan sarapan dan malam hari sebelum tidur. Tetapi jika Anda memberikan susu lebih daripada itu, boleh saja selama anak bisa menghabiskannya agar tidak perlu disimpan.

Buat juga susu sesuai takaran yang telah ditentukan. Misalnya mencampurkan 5 sendok takar susu Morinaga Chil Kid dengan 180 ml air hangat, atau mencampurkan 7 sendok takar susu Morinaga Chil School dengan 180 ml air hangat.

 

cara penyajian susu morinaga chil kid  cara penyajian susu morinaga chil school

 

 

 

 

 

 

Yuk dapatkan segera susu Morinaga dengan mudah hanya di KALCare E-Store. Nikmati berbagai keuntungan berbelanja susu Morinaga seperti promo spesial dan mengumpulkan point reward untuk ditukar dengan hadiah menarik. Follow sosial media KALCare Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Telegram untuk mendapatkan informasi seputar susu Morinaga, parenting, hingga resep menarik.

 

Salam,

KALCare

 

 

Sumber:

Healthline.com, How Long Is Formula Good Once Mixed? And Other Questions About Formula, https://www.healthline.com/health/baby/how-long-is-formula-good-for diakses pada 17 Mei 2021