Tips Menyimpan Susu Formula Bubuk Agar Tahan Lama

Tips Menyimpan Susu Formula Bubuk Agar Tahan Lama

Susu formula telah lama menjadi salah satu sumber nutrisi tambahan bagi anak-anak. Pemberiannya memang penuh dengan aturan. Selain sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak usia di bawah 1 tahun, pembuatan susu juga harus dilakukan dengan benar. Begitu pula dengan cara penyimpanannya. Mengingat ketahanan susu formula yang cukup pendek, para orang tua pun harus cermat dalam menyimpan susu ini. Tapi tidak perlu cemas. Entah itu Susu Morinaga atau susu apapun, tips menyimpan susu bubuk berikut ini bisa membantu menjaga daya tahan susu.

 

Simpan Dalam Tempat yang Kedap Udara

Jika Anda membeli susu bubuk dalam kemasan plastik atau kardus, segera pindahkan susu formula tersebut ke kaleng susu atau toples yang mampu menjaganya dari paparan udara luar. Intinya, simpan di tempat yang rapat dan kedap udara. Hal ini dimaksudkan agar susu terlindung dari bakteri yang bisa merusak susu bubuk tersebut.

 

Hindari Penggunaan Tempat yang Tembus Pandang

Sangat tidak dianjurkan menyimpan susu formula bubuk pada toples yang tembus pandang. Toples seperti ini mungkin terlihat menarik dan cukup rapat. Tapi susu yang disimpan dalam toples tembus pandang sebenarnya justru lebih rentan rusak. Kalau memang tidak ada tempat menyimpan yang lain, Anda sebaiknya melapisi toples tersebut dengan kertas atau bahan lain agar cahaya tidak masuk ke dalamnya.

 

Jangan Menyimpan di Lemari Es

Beberapa makanan memang lebih awet saat disimpan di dalam lemari es. Namun beda halnya dengan susu formula seperti Susu Morinaga atau yang lainnya. Karena menyimpan susu di tempat lembab seperti ini justru membuat susu menggumpal dan mudah rusak.

 

Jangan Simpan Susu Formula Bubuk Lebih Dari 2 Minggu

Setelah dibuka, susu formula bubuk sebaiknya segera dihabiskan tidak lebih dari 2 minggu. Ada juga beberapa susu bubuk yang bisa bertahan selama 1 bulan setelah dibuka. Namun untuk amannya, segera habiskan susu tersebut sebelum batas pemakaiannya tercapai.

 

 

Menyimpan susu formula dengan cara yang benar akan memperpanjang daya tahannya. Susu tidak akan cepat basi. Begitu pula dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun jika Anda menginginkan susu formula yang mengandung gizi seimbang, Susu Morinaga pasti salah satunya.

 

 

 

Salam,

KALCare