Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil di Masa Kehamilan


Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil di Masa Kehamilan

Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Stabil di Masa Kehamilan

Konsumsi makanan sehat dan susu ibu hamil tampaknya tidak pernah lepas dari rutinitas di masa kehamilan. Ibu hamil juga dituntut untuk selalu menjaga kondisi kesehatan baik melalui penerapan gaya hidup sehat maupun dengan rutin melakukan cek kesehatan. Salah satu komponen yang perlu dipantau secara berkelanjutan adalah tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak hanya berbahaya bagi sang ibu. Janin yang sedang dikandung juga bisa terkena imbasnya. Agar tekanan darah tetap stabil, penting untuk menerapkan tips berikut ini.

 

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Meski klise, konsumsi sayur dan buah terbukti ampuh untuk membantu mengontrol tekanan darah. Adalah kalium dan magnesium, dua mineral yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Seratnya juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil. Masalah seperti sembelit yang kerap dialami oleh ibu hamil pun bisa dihindari. Mengonsumsi susu ibu hamil juga penting untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi harian.

 

Jangan Makan Banyak Garam

Bagi Anda yang suka makan makanan asin, sebaiknya segera kurangi. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Bahkan mengonsumsi garam dalam jumlah yang sama seperti saat sebelum hamil juga bisa memberi dampak yang cukup besar bagi kesehatan Anda dan janin. Untuk amannya, kurangi garam sebanyak setengah sendok dari biasanya. Ini juga termasuk dengan menjauhi makanan ringan yang banyak mengandung garam.

 

Kendalikan Stres

Tekanan darah tidak hanya dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Kondisi kejiwaan juga turut mempengaruhi. Misalnya saja stres. Saat stres, tekanan darah cenderung mengalami peningkatan. Mengingat perubahan besar yang terjadi di dalam tubuh, memang cukup sulit untuk mengendalikan stres di masa kehamilan. Untuk itulah, peran pasangan dan orang-orang terdekat sangat diperlukan.

 

 

Tinggi rendahnya tekanan darah hanya bisa diketahui melalui pemeriksaan tensi. Jadi jangan malas untuk memeriksa tekanan darah secara rutin. Pastikan angkanya tidak melewati batas ataupun terlalu rendah. Terapkan diet sehat untuk membantu mengontrolnya. Agar kebutuhan nutrisi harian terpenuhi, konsumsi susu ibu hamil juga tidak kalah penting. Namun tentu saja, utamakan untuk memilih susu yang telah teruji seperti Susu Prenagen.

 

 

 

Salam,

KALBE Store