Tips Menjaga Pola Makan di Trimester Pertama Kehamilan


Tips Menjaga Pola Makan di Trimester Pertama Kehamilan

Tips Menjaga Pola Makan di Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan bisa menjadi masa-masa yang cukup sulit bagi ibu hamil. Morning sickness parah kerap dialami. Belum lagi perubahan hormon yang kerap membuat tubuh terasa kurang nyaman. Karenanya, tidak sedikit ibu hamil yang justru sulit makan. Meski ada susu ibu hamil, makanan sehat tetap dibutuhkan. Melalui makanan sehat inilah kesehatan ibu tetap terjaga dan perkembangan janin dapat berjalan normal. Untuk itu, penting untuk menjaga pola makan selama kehamilan. Jika memang dirasa sulit, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

 

Minum Minuman Hangat di Pagi Hari

Untuk menjaga perut agar tidak mual di pagi hari, sebaiknya jangan langsung beranjak dari tempat tidur. Beri jeda selama beberapa menit terlebih dahulu. Setelah itu, minum minuman hangat. Misalnya saja teh dengan campuran perasan jeruk. Minum minuman hangat seperti ini bisa membantu mengurangi rasa mual sebelum makan.

 

Makan dengan Porsi Kecil

Jika memang masih terasa mual atau kurang enak makan, tidak perlu dipaksakan untuk makan dengan porsi normal. Anda bisa menguranginya dan makan dalam porsi kecil. Pola makan seperti ini bisa mengurangi rasa mual. Akan tetapi agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, makanlah lebih sering dan konsumsi susu ibu hamil.

 

Kurangi Makanan yang Banyak Mengandung Rempah

Makanan yang banyak mengandung rempah umumnya memiliki aroma yang cukup tajam. Padahal di masa kehamilan seperti ini indra penciuman ibu hamil jadi lebih tajam. Agar tidak mual, kurangi makanan yang banyak mengandung rempah. Pilih saja makanan yang aromanya tidak terlalu tajam ataupun amis.

 

Minum Susu Ibu Hamil Secara Teratur

Kandungan nutrisi dalam susu ibu hamil bisa membantu melengkapi kebutuhan harian ibu dan janin. Bagi ibu hamil yang sulit makan, susu hamil bisa menutup defisiensi nutrisi. Untuk itulah, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi susu hamil secara teratur.

 

 

Perubahan pola makan di masa kehamilan itu wajar. Hanya saja Anda tetap harus memastikan bahwa kebutuhan nutrisi harian tetap terpenuhi. Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi seperti ini, Anda bisa mengonsumsi Susu Prenagen secara teratur.

 

 

 

Salam,

KALBE Store