Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Musim hujan sudah hampir tiba. Memang sebagian besar daerah di Indonesia belum mengalami hujan secara terus-menerus. Namun, persiapan perlu juga Anda lakukan untuk mencegah penyakit yang biasanya muncul bersamaan dengan musim hujan.

 

Penyebab gangguan kesehatan selama musim hujan

 

Pada musim hujan, akan membuat banyak genangan air. Padahal genangan air diketahui merupakan tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak. Tidak hanya itu saja lho, kuman juga cenderung bertahan lebih lama pada kondisi lembap. Sehingga mudah bagi kuman untuk berkembang biak layaknya nyamuk. Maka tidak heran jika musim hujan sangat identik dengan kemunculan penyakit flu, kulit, diare, demam berdarah, hingga malaria.

 

 

 

Awas jatuh sakit selama musim hujan

 

 

 

Tidak sekadar itu saja, penyakit yang muncul saat musim hujan juga dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu yang ekstrem dan kurang terkena sinar matahari. Penurunan suhu yang terlalu mendadak, misalnya pada siang hari panas namun tiba-tiba turun hujan, akan menuntut tubuh untuk beradaptasi secara cepat. Penurunan suhu ini juga secara tidak langsung memengaruhi daya tahan tubuh Anda. Selain itu, selama musim hujan, matahari akan lebih banyak tertutup awan tebal. Padahal sinar matahari pagi memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

 

Cara menjaga kesehatan selama musim hujan

 

Saat terkena sakit, Anda pasti akan merasa terganggu. Sebab sakit akan membuat tubuh Anda terasa lemas sehingga mengganggu aktivitas harian. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri agar tidak sakit selama musim hujan dengan cara berikut ini.

 

1. Jaga pola makan dan istirahat cukup

 

 

 

pola tidur yang teratur dapat mencegah penyakit pada musim hujan

 

 

 

Selama musim hujan, jenis makanan berkuah dan hangat biasanya yang paling dicari oleh masyarakat. Sehingga tidak heran, bakso, mie instan, hingga tongseng terasa lebih nikmat saat disantap pada musim hujan. Tetapi, Anda perlu membatasi diri dalam mengonsumsinya ya! Sebab, terlalu sering mengonsumsi ketiga makanan tersebut malah tidak begitu baik untuk tubuh. Lebih baik Anda mengonsumsi variasi makanan untuk melengkapi gizi secara seimbang. Selain itu, hindari membeli makanan dipinggir jalan. Soalnya, pada musim hujan, jalanan akan penuh dengan air sehingga meningkatkan kemungkinan kuman masuk ke dalam makanan. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi minuman hangat agar mencegah dingin dan batuk selama musim hujan.

 

Melakukan istirahat dengan tidur yang cukup berguna untuk memulihkan seluruh sistem anggota tubuh setelah bekerja seharian. Hal ini penting agar tubuh Anda menjadi kebal terhadap virus dan bakteri. Jadi lebih baik maksimalkan waktu istirahat Anda dengan tidur, daripada bermain gawai.

 

2. Olahraga

 

Udara yang dingin selama musim hujan bisa membuat Anda merasa lebih malas daripada biasanya. Sehingga mungkin olahraga menjadi urutan terakhir dari daftar kegiatan yang Anda lakukan selama musim hujan, atau bahkan tidak termasuk sama sekali. Padahal melakukan olahraga selama musim hujan memberi manfaat bagi tubuh Anda lho! Selain tetap menjaga tubuh tetap sehat, olahraga akan membuat suasana hati lebih baik. Olahraga akan meningkatkan endorfin sehingga mood Anda menjadi lebih positif. Yuk lakukan olahraga di gym ataupun di rumah.

 

3. Cuci tangan

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perkembangan virus dan bakteri selama musim hujan akan mengalami peningkatan. Sehingga Anda bisa terpapar virus dan bakteri hanya karena menyentuh suatu barang. Untuk melindungi tubuh dari kuman, Anda perlu menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan dengan teratur dengan menggunakan sabun dan air. Cuci tangan Anda saat hendak menyiapkan dan sebelum makanan, setelah dari toilet, dan setelah menyentuh benda yang dipakai secara bersama-sama. WHO juga menyatakan bahwa mencuci tangan dengan benar dapat menurunkan risiko diare dan infeksi pernapasan atas hingga 40%.

 

4. Lakukan gerakan 4M plus

 

Gerakan 4M terdiri merupakan singkatan dari Menguras, Mengubur, Memantau, dan Menghindari gigitan nyamuk. Gerakan ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. Maka Anda perlu menguras dan menutup tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air. Selain itu Anda harus memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk.

 

5. Mengonsumsi Blackmores Bio C 1000mg

 

 

 

jaga daya tahan tubuh selama musim hujan dengan Blackmores Bio C 1000mg

 

 

 

Penyebaran virus dan kuman selama musim hujan dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin C. Sebab, vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Utuk itu, Anda dapat mengonsumsi Blackmores Bio C 1000mg. Selain sebagai sumber vitamin C alami, Blackmores Bio C 1000mg mengandung mineral ascorbates sehingga ramah pada perut Anda.

 

Yuk tingkatkan kekebalan tubuh Anda dengan 5 cara di atas. Jangan lupa juga untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, Blackmores Bio C 1000mg. Silahkan klik di sini karena KALBE Store menjual suplemen makanan dan vitamin dewasa terbaik online.

 

Salam,

 

KALCare

 

 

 

 

Sumber:

Klikdokter.com (1), (2)