Tips menjaga Kesehatan Mata (Bagian 2)

Tips menjaga Kesehatan Mata (Bagian 2)

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian ekstra, sebab menurut data World Health Organization (WHO), lebih dari 285 juta orang di dunia mengalami gangguan penglihatan. Dan, 80% diantaranya ternyata bisa dicegah atau diobati. Mari cegah sedari dini risiko gangguan mata dengan beberapa tips berikut ini.

 

Gunakan pelindung mata. Terlalu lama beraktivitas di bawah paparan sinar matahari tak hanya berbahaya bagi kulit, namun juga mata Anda. Sebuah penelitian menemukan, bahwa paparan sinar ultraviolet (UV) pada mata dapat memberikan efek yang permanen, termasuk katarak dan kerusakan pada retina mata. Karena itu, gunakanlah kaca mata hitam atau sunglasses saat beraktivitas di luar ruangan, terutama pada daerah dengan matahari yang terik seperti daerah tropis, atau dataran terbuka seperti padang pasir. Pilih sunglasses khusus dengan UV protection, yang dapat melindungi mata dari sinar yang berlebih, serta memblok radiasi sinar matahari yang bisa mempengaruhi kesehatan mata Anda.

 

Cek mata rutin. Sangatlah penting untuk melakukan tindakan preventif dalam menjaga kesehatan mata, karena beberapa penyakit mata seperti glaukoma (rusaknya saraf optik pada mata) bisa saja tidak menunjukkan gejala sebelumnya, sehingga bila didiamkan akan semakin sulit untuk disembuhkan. Oleh karenanya, berkonsultasilah dengan dokter mata mengenai jadwal rutin cek mata, terutama bila Anda memiliki faktor risiko gangguan mata, seperti adanya riwayat penyakit mata di keluarga, diabetes, tekanan darah tinggi, dsb.

 

Istirahatkan mata sejenak. Kehidupan kaum urban modern Indonesia biasanya tak lepas dari layar komputer, tablet, maupun televisi. Bila Anda merupakan tipe yang bekerja di depan layar sepanjang hari, gunakan metode 20-20-20 untuk mengistirahatkan mata Anda. Aturannya, setiap 20 menit sekali, jauhkan pandangan dari layar komputer dan lihatlah ke arah lain sejauh 20 kaki selama kurang lebih 20 detik. Selain itu, saat kita berkonsentrasi, mata akan cenderung cepat kering dan lelah karena jarang berkedip. Padahal, berkedip merupakan cara untuk me-refresh permukaan kornea secara alami. Jadi, jangan lupa mengedipkan mata ya.

 

Konsumsi karotenoids. Konsumsilah makanan yang mengandung karotenoid, yakni lutein dan zeaxanthin, yang terbukti dapat mengurangi risiko terkena penyakit katarak dan degenerasi makula mata. Berbagai jenis makanan yang banyak mengandung kedua nutrisi tersebut yakni wortel, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, telur, serta kacang-kacangan. Bila perlu, konsumsi juga Nutrivision, suplemen mata dari Kalbe yang dilengkapi carotenoids, bioflavanoids, vitamin A, B2, C dan E, serta mineral agar mata tetap sehat, terhindar dari gangguan seperti katarak maupun radiasi sinar ultraviolet.

 

 

 

Salam,

KALBE Store