Tips Menjaga Kesehatan Mata (Bagian 1)


Tips Menjaga Kesehatan Mata (Bagian 1)

Tips Menjaga Kesehatan Mata (Bagian 1)

Menjaga kesehatan mata tak cukup hanya dengan melindunginya dari sinar matahari atau dengan cek mata rutin. Apa saja tips yang lain? Simak contekannya berikut ini.

 

 

 

Berhenti merokok. Atau, hindarilah asap rokok bila Anda termasuk perokok pasif. Asap rokok penuh dengan racun, mengandung lebih dari 4.000 komponen aktif seperti tar, polycyclic aromatic hydrocarbons, formaldehyde, karbon monoksida, dan logam berat. Selain berbahaya bagi jantung dan paru-paru, asap rokok terbukti menjadi salah satu faktor penyebab penyakit mata yang dapat menimbulkan kebutaan, yakni katarak dan degenerasi makular. Para peneliti percaya, bahwa asap rokok berkontribusi pada katarak dengan cara mengubah sel-sel pada lensa mata melalui proses oksidasi. Proses ini juga akan menimbulkan akumulasi logam berat seperti cadmium di lensa mata. Sementara, pada degenerasi makular, rokok dapat mengganggu aliran darah ke retina, sehingga bagian makula pada retina mengalami penurunan fungsi. Pandangan menjadi kabur, terdistorsi, hingga mengalami blind spot.

 

Kontrol kualitas udara. Aturan ini berlaku baik di rumah maupun kantor. Ruangan dengan pendingin udara berpotensi untuk membuat mata Anda cepat kering. Karena itu, gunakan juga air purifier yang dilengkapi dengan humidifier agar udara terjaga kelembaban sekaligus kebersihannya. Sering-seringlah membuka jendela agar sirkulasi udara segar tetap terjaga. Rutin menyedot debu, serta rajin menyingkirkan barang-barang lama yang berpotensi menyimpan debu, juga disarankan. Apabila Anda memelihara binatang peliharaan di dalam rumah, pastikan bulu-bulu mereka tidak bertebaran di sepanjang rumah, karena dapat menimbulkan iritasi dan radang di mata.

 

Ganti contact lens case secara rutin. Bila Anda pengguna contact lens, gantilah case atau kotak penyimpannya setiap dua atau tiga bulan sekali. Banyak kasus di mana pengguna contact lens mengalami infeksi atau komplikasi pada mata, karena mereka menyimpan case pada tempat-tempat yang mungkin tidak higienis seperti kantong baju, tas, dan pada kamar mandi yang lembab, yang merupakan tempat bakteri berkembang. Jadi? Sering-seringlah mengganti case, dan simpan di tempat yang bersih dan kering.  

Jaga kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh secara keseluruhan turut berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Termasuk diantaranya, pola makan sehat dan berolahraga. Olahraga yang rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang berujung pada turunnya tekanan pada mata. Ini sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang menderita glaukoma, yakni penyakit yang disebabkan karena meningkatnya intraocular pressure (IOP) pada mata. Olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap stabil, karena berat badan berlebih dapat menimbulkan risiko diabetes dan penyakit lain, yang pada akhirnya  meningkatkan risiko penyakit pada mata. Selain olahraga, jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A dan karotenoid yang baik untuk mata. Bila perlu, konsumsi juga Nutrivision, suplemen mata dari Kalbe yang dilengkapi carotenoids, bioflavanoids, vitamin A, B2, C dan E, serta mineral agar mata tetap sehat, terhindar dari gangguan seperti katarak maupun radiasi sinar ultraviolet.

 

 

 

Salam,

KALBE Store