Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Lensa Kontak


Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Lensa Kontak

Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Lensa Kontak

Gangguan pada mata seperti rabun dekat, rabun jauh, atau silinder membuat penderita menggunakan alat bantu kacamata. Tidak hanya kacamata, ada juga lensa kontak yang dapat digunakan untuk membantu koreksi mata terhadap gangguan tersebut. Apalagi penggunaan lensa kontak dianggap lebih praktis dan dapat memperbaiki penampilan. Sehingga banyak orang yang memilih menggunakan lensa kontak setiap hari dibandingkan dengan kacamata.

 

ketahui cara penggunaan lensa kontak yang benar

 

Mengenakan lensa kontak yang langsung pada mata memerlukan upaya penggunaan dan perawatan yang baik dan benar. Sebab jika tidak, penggunaan lensa kontak justru memberikan efek negatif pada mata. Untuk itu, berikut merupakan tips menjaga kesehatan mata bagi Anda pengguna lensa kontak.

 

1. Menjaga kebersihan tangan

Bagi pengguna, menjaga kebersihan tangan perlu diperhatikan saat hendak menggunakan atau melepas lensa kontak. Tangan merupakan salah satu anggota badan yang memiliki risiko penyebaran bakteri, virus, dan kuman karena sering menyentuh permukaan benda. Oleh sebab itu, cucilah tangan Anda menggunakan air bersih dan sabun sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak. Atau bagi Anda yang menggunakan lensa kontak kit, cuci bersih peralatan terutama alat untuk memasang lensa kontak secara rutin agar tetap bersih.

 

2. Menjaga kebersihan lensa kontak

Pemakaian lensa kontak memang mudah, tetapi perawatannya harus dilakukan secara teratur dan benar. Sebab jika tidak, lensa kontak justru memberikan dampak buruk bagi mata Anda. Pertama, rutin mengganti cairan lensa kontak setiap 3 hari sekali dengan mengeringkan menggunakan tisu bersih. Selanjutnya, wadah penyimpanan lensa kontak harus diganti secara rutin setiap 3 bulan sekali. Jangan lupa setiap melakukan perawatan lensa kontak, Anda juga tetap harus menjaga kebersihan tangan. Hindari penggunaan lensa kontak yang disimpan dan tidak dicuci selama 30 hari atau lebih.

 

3. Memperhatikan waktu penggunaan

Walaupun bermanfaat untuk membantu menerangkan penglihatan, penggunaan lensa kontak yang dianjurkan oleh para ahli dalam sehari hanya sekitar 10-12 jam saja. Jika lebih dari waktu tersebut, penggunaan lensa kontak akan menimbulkan masalah pada mata Anda. Misalnya mata terasa kering, merah, dan lensa kontak tidak terasa nyaman. Lebih lanjut, masalah tersebut dapat menyebabkan iritasi pada mata. Hindari juga menggosok mata dengan keras dan hal-hal lainnya yang dapat merusak lensa kontak saat sedang digunakan.

 

Anda sebaiknya juga tidak menggunakan lensa kontak pada saat mandi dan tidur. Air memiliki organisme yang bisa menyebabkan infeksi pada mata, sehingga perlu menghindari paparan air terhadap lensa kontak. Sedangkan tidur menggunakan lensa kontak meningkatkan risiko infeksi pada mata hingga 10 kali lipat.

 

4. Kenali tanda-tanda gangguan pada mata

Penggunaan lensa kontak membutuhkan kepekaan penggunanya pada organ mata. Sebab jika telah memasang dengan benar, seharusnya Anda tidak merasakan lensa kontak tertempel di mata. Lalu jika mata terasa kering saat berada di ruangan AC, asap, debu, atau saat menatap layar, segera gunakan tetes mata pelembab yang direkomendasikan dokter perawatan mata. Sering-sering berkedip untuk menjaga lapisan kelembaban pada mata dan banyak minum air putih agar mata terhidrasi. Jika mata sudah terasa perih, gatal, dan merah, sebaiknya Anda segera melepas lensa kontak.

 

5. Melakukan perawatan dan kontrol mata

Pengguna lensa kontak harus tetap melakukan kontrol kesehatan mata dengan dokter ahli mata. Hal ini bertujuan untuk memantau waktu yang tepat bagi mata Anda untuk menggunakan lensa kontak. Tentu saat mata sedang gangguan atau dalam proses pengobatan, dokter tidak akan menyarankan Anda menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu tertentu ataupun selamanya.

 

Anda juga perlu memberikan waktu bagi mata untuk istirahat dari penggunaan lensa kontak. Misalnya jika Anda menggunakan lensa kontak untuk bepergian, sebaiknya gunakan kacamata saat di rumah. Lalu Anda juga boleh mengonsumsi suplemen kesehatan mata seperti Blackmores Lutein Vision. Suplemen Blackmores Lutein Vision mengandung nutrisi lutein dan selenium yang dapat mendukung fungsi mata dan melindungi mata dari perubahan makula. Dapatkan suplemen kesehatan mata hanya di sini.

 

bantu jaga kesehatan mata dengan mengonsumsi Blackmore Lutein Vision

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635061/5-efek-jangka-panjang-pakai-lensa-kontak-setiap-hari