Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1 Hingga 2 Tahun

Usia 1 tahun adalah usia anak mulai aktif-aktifnya. Di masa-masa inilah anak senang mengeksplorasi dunianya, bermain hingga memasukkan apapun ke dalam mulut.

 

Memang menyenangkan melihat si kecil begitu aktif. Namun di sisi lain, para ibu pastinya juga merasa khawatir dengan kesehatan si buah hati. Karena itu, penting bagi para ibu untuk mendampingi anak dan menjaga kesehatannya. Guna menjaga kesehatan si buah hati, ibu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

 

Jaga makanan buah hati

Pada usia 1 hingga 2 tahun, rasa penasaran anak biasanya cukup tinggi. Bahkan tak jarang mereka ingin merasakan setiap makanan yang mereka lihat. Tapi para ibu harus hati-hati. Tidak semua makanan yang mereka lihat baik untuk kesehatan mereka. Bahkan ada beberapa makanan yang justru tidak aman atau bisa membuat anak tersedak.

 

Makanan yang paling aman untuk anak usia 1 hingga 2 tahun tak berhenti di makanan sehat saja. Makanan tersebut juga harus dipotong kecil-kecil dan pastikan teksturnya cukup lembut untuk si buah hati. Pada usia ini, jangan memberi anak makanan yang kecil namun keras seperti permen atau kacang. Selain itu, hindari juga makanan yang lembut namun lengket.

 

Rutin imunisasi

Pada usia 12 sampai 18 bulan, anak harus diberi imunisasi polio, hepatitis A, campak, MMR, tifoid, DPT ulangan, varisela, influenza dan pneumokokus. Ingat juga jadwal imunisasi anak. Jika belum tahu kapan harus melakukan imunisasi, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter.

 

Tidur cukup

Tidur tak hanya sekedar mengistirahatkan tubuh. Dengan tidur, anak juga lebih tahan terhadap penyakit, membantu pertumbuhan dan baik untuk menjaga daya ingatnya. Anak usia 1 sampai 3 tahun umumnya membutuhkan waktu tidur selama 12 sampai 14 jam setiap harinya. Karena itu, pastikan anak tidak tidur terlalu larut malam agar bisa memperoleh waktu tidur yang cukup.

 

Memilih susu yang tepat

Susu formula juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk membantu menjaga kesehatan si kecil. Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu formula anak tak hanya baik untuk pertumbuhan.

 

Beberapa kandungan juga baik untuk menjaga kesehatan anak. Ada beberapa susu yang bisa dipilih oleh para orang tua. Namun, memilih susu formula yang telah teruji sangatlah penting. Susu Morinaga Chil-Kid adalah salah satu susu yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

 

 

 

Salam,

KALBE Store