Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda


Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda

Jika Anda baru saja dikaruniai momongan, sepatutnya Anda merasa bahagia sebab anak adalah anugerah terindah bagi Anda dan pasangan.

 

Oleh karena itu, Anda harus menjaga kandungan Anda dengan baik terlebih saat hamil muda atau pada trimester awal kehamilan agar bayi di dalam perut Anda bisa sehat hingga saatnya lahir nanti.

 

– Perubahan Fisik

Setiap ibu yang baru mengalami kehamilan biasanya mengalami perubahan fisik seperti merasa mual dan ingin muntah, payudara terasa nyeri, sering buang air, pusing dan sulit buang air besar.

 

Untuk mengurangi keluhan ketika hamil muda, Anda dapat mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun dengan lebih sering. Perbanyak minum air putih dan selingi dengan minuman jahe.

 

Anda juga harus mencukupi asupan protein dan zat besi untuk membantu mengurangi rasa lemas ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Untuk mencegah susah buang air besar saat hamil muda, batasi memakan makanan yang digoreng, makanan pedas, dan minum minuman bersoda. Perbanyaklah memakan makanan kaya serat dan lakukan aktivitas tubuh ringan.

 

Untuk mengatasi pusing saat hamil muda, sebaiknya jangan berdiri terlalu lama dan hindari mengubah posisi secara tiba-tiba.

 

– Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan membatasi kafein

Salah satu penyebab risiko yang bisa menyebabkan persalinan prematur dan plasenta bermasalah adalah merokok saat hamil. Kebiasaan buruk ini sangat dilarang selama masa kehamilan karena akan mengganggu perkembangan janin.

 

Hindari juga meminum minuman yang mengandung alkohol karena dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir lebih kecil dari seharusnya.

 

Batasi juga minuman atau makanan yang mengandung bahan kafein saat hamil muda. Dan, hindari penggunaan zat kimia seperti cairan pembersih atau yang mengandung logam berat.

 

– Mengendalikan kondisi emosional

Kehamilan bisa memicu berbagai perubahan emosi, seperti gembira, bersemangat hingga gelisah. Anda mungkin terkadang merasa cemas mengenai kondisi bayi, kemampuan untuk mengasuh, hingga kondisi keuangan. Namun, jangan sampai hal ini menyebabkan Anda stres.

 

Sangat normal bila ibu hamil mengalami perubahan emosi naik ataupun turun secara tiba-tiba, bahkan ada beberapa ibu yang merasa ingin menangis sendiri.

 

Nikmatilah setiap proses saat hamil muda, mintalah dukungan dari keluarga dan suami. Jika perubahan perasaan terjadi sangat intensif, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

 

– Konsumsi makanan dan minuman bergizi

Saat trimester pertama, mual menjadi salah satu kendala terbesar yang dialami oleh ibu hamil. Jangan buat kondisi ini menjadi halangan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan & minuman yang dibutuhkan oleh Anda dan buah hati.

 

Atasi hal ini dengan meminum susu ibu hamil yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual serta menambah asupan nutrisi bagi ibu dan buah hati.

 

 

 

Salam,

KALBE Store