Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Stabil

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Stabil

Kolesterol adalah zat yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda. Pada dasarnya, kadar kolesterol yang stabil sangat penting bagi tubuh Anda.

 

Karena jika terlalu banyak kolesterol di dalam tubuh bisa  berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai penyakit  lainnya seperti jantung, stroke dan lainnya.

 

Oleh sebab itu agar Anda tetap sehat, jaga kadar kolesterol Anda agar tetap stabil dengan tips berikut ini.

 

1. Kurangi  merokok

Menghentikan kebiasaan merokok mungkin memang sulit, oleh sebab itu Anda bisa memulainya dengan cara mengurangi jumlah rokok yang Anda konsumsi.

 

Bagi Anda yang sudah kecanduan rokok metode ini sangat penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Perlu diketahui, zat dalam rokok bisa menyebabkan lapisan arteri atau endothelium rusak.

 

Karsinogen dan karbon monoksida yang terdapat dalam rokok dan sudah masuk ke dalam arteri bisa menjadikan rentan terhadap kejang. Hal ini bisa berujung pada meningkatnya kolesterol dalam darah.

 

2. Banyak berolahraga

Olahraga adalah pengobatan terbaik bagi setiap orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

 

Para ahli menjelaskan, olahraga selama 60 menit dalam sehari bisa membantu mengurangi kolesterol jahat sekitar 5-10 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6 persen.

 

Oleh sebab itu yang terpenting adalah intensitas dan rutinitas Anda dalam melakukan olahraga.

 

3. Turunkan berat badan

Obesitas bisa menyebabkan resistensi insulin yaitu suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat lagi menggunakan hormon insulin dengan benar. Fungsi insulin mengubah glukosa ke dalam darah dan kemudian menjadi energi.

 

Resistensi insulin bisa menyebabkan diabetes dan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

 

Jadi diabetes dan kolesterol sangat berkaitan erat.

 

4. Perbanyak makan bayam

Perbanyak konsumsi bayam secara rutin bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

 

Karena bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang bisa menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung dan osteoporosis. Konsumsi bayam setiap hari dapat menjaga Anda dari serangan jantung yang diakibatkan oleh jumlah kolesterol berlebih.

 

5. Perbanyak konsumsi ikan

Dalam ikan mengandung omega-3 yang bisa membantu dalam menjaga tubuh Anda dari penyakit jantung dan stroke yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi.

 

Menurut para ahli, diet makanan laut terutama ikan dapat membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik.

 

Itulah 5 cara untuk menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh tetap stabil. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Salam,

KALBE Store