Tips Menjaga Kadar Kolesterol Pasca Lebaran


Tips Menjaga Kadar Kolesterol Pasca Lebaran

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Pasca Lebaran

Selama bulan puasa, kita dididik untuk lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman. Membatasi asupan makanan pun dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan. Namun saat lebaran, tak sedikit yang lupa dengan semua tujuan itu.

 

Makan tak lagi dibatasi. Hingga akhirnya, kadar kolesterol pun melonjak. Kondisi seperti ini tentu berbahaya bagi kesehatan. Agar kolesterol tak lagi naik, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

 

Batasi Makanan Bersantan Setelah Lebaran

Opor ayam, bisa dibilang ini adalah ikon kuliner lebaran. Namun masakan yang satu ini juga cukup berisiko untuk Anda yang memiliki masalah kolesterol. Bagaimana tidak. Kandungan lemak di dalamnya cukup tinggi. Jika konsumsinya tidak dibatasi, bisa dipastikan kolesterol akan melonjak tinggi. Setelah banyak makan santan saat Lebaran, sebaiknya batasi makanan seperti ini pasca itu.

 

Batasi Makanan Berlemak

Tak hanya makanan bersantan saja, makanan berlemak juga tetap harus dibatasi. Misalnya saja seperti, gorengan atau masakan lain yang digoreng. Jika ingin makan makanan yang digoreng, sebaiknya olah sendiri dengan menggunakan minyak rendah kolesterol.

 

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Lebaran memang waktunya untuk makan makanan enak seperti opor ayam. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa makan seenaknya. Akan jauh lebih baik jika Anda memperbanyak makan sayuran setelah lebaran. Sayuran kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Begitu pula dengan kandungan mineral dan vitaminnya. Selain itu, sayur juga mampu menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

 

Jangan Mengonsumsi Gula Berlebih

Camilan manis memang menggugah selera. Namun, jika Anda masih peduli dengan kesehatan, sebaiknya batasi konsumsinya. Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes. Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga berisiko meningkatkan kadar kolesterol Anda.

 

Hari lebaran memang hari kemenangan yang seharusnya dirayakan dengan penuh suka cita. Setelahnya, Anda tetap tidak boleh lalai dengan asupan sehari-hari.

 

Jangan Anda melupakan kebaikan yang telah dipelajari selama bulan puasa. Jangan makan berlebih. Perketat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Disiplin seperti ini hendaknya juga diterapkan pasca hari raya Idul Fitri.

 

Order sekarang produk-produk di samping artikel ini dan gunakan kode voucher “BEBASKOLESTEROL” untuk mendapatkan voucher belanja Rp 50.000. Periode voucher berlaku sampai tanggal 31 Juli 2017.

 

 

 

Salam,

KALBE Store