Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil


Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Menjaga gula darah ternyata adalah hal yang mudah untuk dilakukan karena memang sifatnya mengalir pada pembuluh darah. Pada dasarnya, gula darah bisa diatasi dengan pola makan yang tepat.

 

Jika kadar gula darah tidak dikontrol sedini mungkin, bukan hal yang tidak mungkin jika tubuh Anda akan terganggu karena masalah kencing manis atau diabetes.

 

Untuk itu ada baiknya Anda memberlakukan pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan menjaga gula darah dalam tubuh agar selalu normal dan stabil.

 

Berikut ini beberapa tips cara mudah menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

 

Hindari makanan yang terlalu manis

Perlu Anda ketahui bahwa makan makanan yang terlalu manis memang bisa membuat energi yang melimpah di dalam tubuh karena kadar gula darah yang naik secara cepat. Namun makanan yang terlalu manis juga bisa membuat kadar gula darah mendadak menurun khususnya Anda yang suka dengan cemilan dengan rasa yang manis.

 

Solusinya adalah dengan tidak makan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin. Usahakan sebisa mungkin untuk mengonsumsi makanan tanpa penambah rasa.

 

Ganti makanan manis dengan buah-buahan seperti anggur dan apel yang baik untuk menjaga gula darah tubuh. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi jenis keripik apel tanpa penambah rasa tambahan.

 

Periksa gula darah secara berkala

Hal ini dikhususkan bagi Anda yang sudah berumur 40 tahun ke atas dan memiliki berat badan berlebih karena seseorang yang gemuk biasanya cenderung memiliki kadar glukosa yang lebih tinggi dalam aliran darah.

 

Lakukan cek kesehatan minimal 6 bulan sekali untuk melihat kadar gula darah Anda. Sehingga, jika terjadi sesuatu yang dianggap tidak wajar maka Anda bisa mengambil langkah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

 

Rutin berolahraga

Fungsi olahraga selain membantu menjaga stabilnya kadar gula darah dalam  juga untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari obesitas. Olahraga juga dapat membantu sirkulasi darah dan detak jantung tetap stabil sehingga bisa membantu menjaga gula darah tubuh agar tetap stabil.

 

Dengan mempraktekan tips di atas, Anda sudah melakukan pencegahan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh Anda sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

 

 

 

Salam,

KALBE Store