Tips Menghindari Berat Badan Naik di Bulan Ramadhan


Tips Menghindari Berat Badan Naik di Bulan Ramadhan

Tips Menghindari Berat Badan Naik di Bulan Ramadhan

Puasa memang identik dengan tidak makan dan minum selama sekitar 12 jam. Dengan asupan makanan yang lebih sedikit, logikanya berat badan cenderung turun. Kalaupun tidak, setidaknya berat badan tetap berada di angka yang sama. Namun tak sedikit pula yang justru mengalami peningkatan berat badan meski sudah berpuasa. Lantas apa yang salah? Diet selama bulan Ramadhan sebenarnya tak selalu identik dengan penurunan berat badan. Jika Anda tidak mengontrol asupan makanan saat sahur dan berbuka, berat badan bisa saja naik. Agar berat badan tidak naik di bulan Ramadhan, tips berikut bisa jadi panduan.

 

Makan Makanan Bergizi Seimbang

Karena takut lapar atau karena kelaparan, banyak orang yang menambah porsi makannya. Hal tersebut memang tak berarti bisa memicu kenaikan berat badan. Tapi jika porsi karbohidrat atau lemak yang ditambah, tentu saja ini akan membuat tubuh Anda membengkak. Diet yang baik saat berpuasa adalah makan makanan bergizi seimbang. Porsi makan tetap sewajarnya. Lengkapi dengan lauk dan sayur. Buah juga jangan ketinggalan.

 

Atur Waktu Makan

Meski di bulan puasa, sebenarnya Anda tetap bisa makan 3 kali sehari. Hanya saja kini jamnya bergeser mulai dari sahur, berbuka dan setelah sholat Tarawih. Makan saat berbuka pun hendaknya diberi jeda. Jangan langsung makan dalam kondisi perut lapar. Makanlah makanan ringan dan manis terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar sistem pencernaan lebih siap dan membantu menekan keinginan untuk makan berlebih yang tentu saja berbahaya bagi diet Anda.

 

Jangan Terlalu Sering Tidur

Waktu tidur yang terpotong sahur turut menjadi penyebab munculnya rasa kantuk di siang hari. Karena energi yang semakin menipis, tubuh juga terasa lemas. Keinginan untuk tidur pun terlihat menggoda. Sebenarnya tidur di siang hari itu baik. Hanya saja, durasinya tidak boleh terlalu lama. Terlalu sering tidur justru tidak baik untuk kesehatan. Selain tidak produktif, tidur berlebihan juga berpotensi menimbun kalori dan lemak.

 

Untuk Anda yang memang ingin memanfaatkan momentum puasa untuk diet, asupan makanan harus diperhatikan. Jangan makan berlebih dan jangan balas dendam. Mengonsumsi produk penurun berat badan akan sangat membantu program diet Anda. Namun jika Anda juga menginginkan kulit cantik dan sehat, Diva harus ada dalam menu Anda.

 

 

 

Salam,

KALBE Store