Tips Mengatasi Sakit Perut Selama Menstruasi


Tips Mengatasi Sakit Perut Selama Menstruasi

Tips Mengatasi Sakit Perut Selama Menstruasi

Datang bulan atau menstruasi merupakan tanda pubertas yang akan dialami setiap bulan oleh perempuan. Biasanya menstruasi sendiri terjadi disertai dengan sakit perut. Mengalami sakit perut saat menstruasi merupakan hal yang wajar dialami oleh perempuan. Tetapi memang kondisi ini sering kali dikeluhkan oleh perempuan karena dapat mengganggu aktivitas.

 

ketahi cara untuk mengatasi sakit perut selama menstruasi

 

Menurut buku Panduan Lengkap Kesehatan Wanita oleh dr. Wening Sari, M.Kes., sakit perut saat menstruasi terjadi karena adanya kejang otot rahim. Kontraksi otot rahim terjadi akibat dipicu oleh peningkatan hormon prostaglandin yang terjadi tepat sebelum menstruasi dimulai. Tiap perempuan memiliki variasi sendiri dalam merasakan nyeri perut pada saat menstruasi.

 

Cara mengatasi sakit perut selama menstruasi

 

Umumnya, rasa sakit perut selama menstruasi tidak membahayakan. Tetapi memang dapat mengurangi produktivitas dalam bekerja, sekolah, atau aktivitas lainnya. Nah, berikut ini merupakan cara mengatasi sakit perut selama menstruasi.

1. Mengonsumsi obat atau suplemen tertentu

Cara mengatasi sakit perut saat menstruasi pertama kali adalah dengan mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu. Misalnya untuk obat seperti acetaminophen, ibuprofen, naproxen, dan aspirin. Tetapi memang untuk mengonsumsi obat Anda perlu melakukan konsultasi dengan ahli agar dosisnya sesuai.

 

Sedangkan untuk vitamin, Anda dapat mengonsumsi Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil. kandungan minyak bunga evening primrose dan minyak ikan dapat membantu meredakan gejala PMS hingga menstruasi. Bahkan Suplemen Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil juga dapat membantu menghilangkan gangguan kulit. Anda bisa mendapatkan Blackmore Evening Primrose Oil + Fish Oil dengan mudah di sini. Jika setelah mengonsumsi obat atau suplemen masih merasakan sakit perut, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

 

atasi sakit perut selama menstruasi dengan Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil

 

2. Mengompres perut

Cara selanjutnya adalah dengan meletakkan sesuatu yang hangat pada perut atau mengompres. Anda bisa menggunakan botol berisi air panas atau kain lap hangat. Mengompres perut dapat merilekskan jaringan otot rahim sehingga bisa mengurangi sakit perut saat menstruasi.

 

3. Menggunakan garam inggris

Garam inggris atau epsom salt merupakan senyawa mineral magnesium dan sulfat murni. Kandungan ini membuat garam inggris bermanfaat untuk obat alami dalam mengatasi berbagai penyakit, tetapi tidak dapat dikonsumsi. Salah satu manfaat garam inggris adalah untuk relaksasi otot. Caranya cukup menaburkan garam inggris pada perut, lalu diamkan selama beberapa waktu.

 

4. Mengonsumsi makanan tinggi kalsium dan zat besi

Selain bagus untuk kesehatan tulang, kalsium ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit perut selama menstruasi. Ada banyak pilihan makanan yang mengandung kalsium. Misalnya susu, yoghurt, almond, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Tambah juga asupan zat besi dari ayam atau ikan. Karena pada saat menstruasi, zat besi akan banyak terbuang.

5. Minum air putih

Air putih hangat ternyata dapat mengurangi sakit perut selama menstruasi lho. Sebab air putih hangat lebih baik untuk mengatasi kram dengan membantu melancarkan peredaran darah ke kulit serta merilekskan otot. Anda bisa mengomsumsi air hangat secara langsung atau membuat teh hangat.

 

6. Pantang makanan dan minuman tertentu

Selama menstruasi, hindari mengonsumsi makanan asin. Sebab makan asin dapat membuat dehidrasi, sehingga rahim menjadi kram. Hindari juga mengonsumsi makanan berlemak, alkohol, kafein, dan minuman berkarbonasi karena dapat memperparah rasa sakit perut saat menstruasi.

 

7. Istirahat sejenak

Cara terakhir untuk mengatasi sakit perut saat menstruasi adalah dengan istirahat sejenak. Anda bisa tidur untuk waktu yang singkat atau hanya sekadar berbaring. Jika hanya berbaring, Anda bisa sambil melakukan kegiatan favorit Anda misalnya seperti menonton film kesukaan.

 

Itulah cara-cara untuk mengatasi sakit perut selama menstruasi yang bisa Anda coba. Jangan lupa, untuk mendapatkan suplemen kesehatan untuk perempuan bisa didapatkan dengan mudah di KALCare. Tersedia juga nutrisi khusus untuk menurunkan berat badan, hingga perawatan kecantikan kulit.

 

Salam,

KALCare

 

Sumber:

https://parenting.orami.co.id/magazine/sakit-perut-saat-menstruasi-ini-7-cara-mengatasinya/