Tips Menerima Pesanan Delivery Selama Pandemi


Tips Menerima Pesanan Delivery Selama Pandemi

Tips Menerima Pesanan Delivery Selama Pandemi

Selama penyebaran covid-19, pemerintah Indonesia menerapkan social distancing dan PSBB kepada masyarakat. Bahkan masyarakat diminta untuk melakukan segala aktivitas dari rumah untuk sementara selama penyebaran covid. Seperti bekerja, beribadah, dan berbelanja dari rumah saja.

 

Layanan delivery atau pesan antar memang sudah lama berlaku di Indonesia. Namun, layanan ini kini lebih ramai digunakan masyarakat karena penerapan social distancing agar Anda tidak perlu keluar rumah selama pandemi. Mulai dari memesan makanan, kebutuhan pokok, hingga kebutuhan sandang yang bisa dipesan melalui aplikasi online atau pesan elektronik.

 

tips mencegah penyebaran virus melalui paket delivery

 

Walaupun sudah tidak keluar rumah dengan membeli kebutuhan harian melalui layanan pesan antar, Anda juga perlu berhati-hati. Sebab menurut studi New England Journal of Medicine (NEJM), coronavirus dapat menempel pada plastik dan stainless steel kurang lebih selama 72 jam. Sedangkan pada kardus maupun tembaga, virus ini dapat bertahan selama 24 jam. Untuk itu, Anda perlu tahu cara aman untuk menerima paket delivery selama pandemi covid berlangsung seperti berikut ini:

1. Kurangi kontak dengan kurir dan minta letakkan di depan rumah

Barang yang Anda pesan pastinya akan dikirimkan melalui kurir yang mengantar hingga sampai di rumah. Untuk jaga-jaga, sebaiknya tidak melakukan kontak langsung dengan kurir. Anda bisa meminta kurir untuk meletakkan barang pesanan di depan rum agar tidak bersentuhan dengan kurir.

 

2. Menggunakan pembayaran elektronik

Agar kontak dengan orang lain berkurang, Anda juga disarankan untuk menggunakan pembayaran secara elektronik. Saat ini memang tidak disarankan pembayaran cash on delivery. Untuk saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu Anda dalam melakukan pembayaran online. Baik itu melalui dompet daring atau mobile banking.

 

3. Membersihkan permukaan paket

Setelah menerima paket, pastikan Anda membersihkan permukaan dulu. Gunakan cairan disinfektan yang disemprotkan pada permukaan paket. Tetap gunakan masker selama membersihkan paket dan lakukan selagi masih di depan rumah.

 

4. Membersihkan isi paketĀ 

Walaupun paket Anda dikemas dengan kardus atau plastik, Anda juga perlu membersihkan isi dari paket yang dipesan. Jika Anda memesan barang, bersihkan kembali permukaan barang tersebut. Kalau Anda memesan pakaian, langsung cuci dengan memisahkan dari barang yang lainnya. Terakhir untuk pesanan yang berupa bahan makanan seperti buah dan sayur cuci dengan menggunakan sabun khusus untuk makanan selama 20 detik.

 

5. Mencuci tangan

Setelah menerima paket, sebaiknya Anda langsung mencuci tangan. Jangan menyentuh wajah setelah menerima paket, karena bisa saja tangan Anda menyentuh permukaan benda yang terinfeksi. Cucilah tangan Anda dengan mengikuti aturan dari WHO, yaitu selama 20 detik dengan menggunakan air bersih dan sabun.

 

Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk mencuci tangan setelah menerima paket, Anda dapat menggunakan Handy Clean. Handy Clean merupakan kombinasi alkohol dan Chlorhexidine Digluconate yang bekerja untuk membunuh kumandengan cepat dan efektif. Handy Clean juga mengandung aloe vera dan vitamin D untuk membuat kulit tangan Anda tidak kering. Dapatkan Handy Clean dengan mudah di sini.

 

gunakan hand sanitizer Handy Clean saat tidak dapat cuci tangan dengan segera

 

Itulah tips saat menerima paket delivery selama masa pandemi. Ikuti tips ini ya agar Anda tidak terinfeksi virus. Jangan lupa juga untuk membeli makanan sehat, online, mudah dan hemat di KALCare. Karena KALCare menjual produk nutrisi, makanan sehat, dan alat kesehatan terbaru untuk membantu Anda mencegah covid.

 

Salam,

 

KALCare

 

Sumber:

https://tirto.id/tips-aman-menerima-paket-saat-pandemi-virus-corona-covid-19-eJXa