Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 1)


Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 1)

Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 1)

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana cara mendidik yang tepat agar buah hati tumbuh menjadi anak pintar. Simak kembali pembahasan lebih lanjut berikut ini,

 

  • Perkenalkan anak Anda pada musik

Banyak penelitian yang menjelaskan bahw,a mendengarkan musik dapat membantu aktivitas memori, perhatian, motivasi dan belajar, serta dapat mengurangi stress pada anak. Belajar bermain musik pun memiliki efek dalam berpikir proporsional, dan penalaran spasial, yang merupakan dasar dari matematika abstrak.

 

  • Biarkan anak Anda bermain games pintar pada komputer.

Games mengajarkan anak tentang perbendaharaan kata, matematika, dan musik, juga mengembangkan kemampuan koordinasi tangan dan mata mereka, serta menyiapkan mereka terhadap teknologi masa datang. Namun, orang tua harus mengatur jadwal anak dalam bermain games, sehingga tidak menganggu kegiatan lainnya.

 

  • Ajak anak Anda rekreasi.

Rekreasi atau liburan tidak perlu menghabiskan uang banyak. Cukup dengan mengunjungi museum atau rekreasi alam yang dapat menambah wawasan anak Anda terhadap dunia luar.

 

  • Ajari anak Anda mengenai pentingnya berlatih dan kerja keras

Pada sebuah penelitian menyebutkan, intelegensi atau kepintaran anak dapat dibentuk melalui latihan dan kerja keras. Oleh karena itu, tanamkan kebiasaan baik untuk selalu bekerja keras sejak anak masih berusia dini.

 

  • Berikan contoh baik pada anak.

Anak belajar melalui perilaku orang dewasa dan lingkungan sekitarnya. Jika anak Anda melihat orangtuanya membaca buku, menulis, bermain musik atau membuat sesuatu yang kreatif, maka anak akan meniru perilaku Anda. Hal tersebut mempermudah proses menjadikan mereka semakin pintar.

 

Mendidik anak harus melibatkan kerjasama dan perhatian kedua orang tua. Banyak contoh orang dewasa yang sukses dan pintar karena peran orang tua dan lingkungannya, seperti Oprah Winfrey yang diajari membaca pada awal usia 3 tahun oleh neneknya, Mark Zuckerberg yang diajari basic programming oleh ayahnya ketika ia masih sekolah, dan Jay-Z yang dibelikan alat musik oleh ibunya karena dia suka memukul meja dapur sejak kecil. Sekian tips dari kami mengenai bagaimana mendidik anak menjadi pintar. Semoga ayah dan ibu dapat mendidik sang buah hati dengan cara yang tepat agar mereka tumbuh menjadi anak pintar dan berguna bagi masa depan.

 

Salam,

KALBE Store