Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 2)


Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 2)

Ingin Anak Pintar? Berikut Tips Mendidik yang Tepat (Part 2)

Setiap orang tua menginginkan anak pintar dan sehat. Namun, seringkali orang tua bingung dalam mendidik anak mereka. Pada dasarnya, pertumbuhan otak anak didapatkan dari nutrisi, pengalaman dan pelatihan otak yang mereka terima. Semakin sering otak anak dilatih, maka semakin besar kemungkinannya untuk membantu pertumbuhan otak yang maksimal. Nah ayah dan ibu, berikut tips yang dapat Anda terapkan dalam mendidik anak supaya tumbuh menjadi anak pintar.

 

  • Penuhi kebutuhan gizi dan berikan ASI eksklusif.

Makanan kaya protein mampu meningkatkan perhatian, kewaspadaan dan kemampuan berpikir anak. Karbohidrat memberikan energi pada otak anak, namun terlalu banyak karbohidrat dan gula dapat mengurangi perhatian dan fokus pada aktivitas anak. Vitamin dan mineral pun sama pentingnya untuk anak. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa, anak yang diberi ASI eksklusif memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang diberi ASI 1 bulan kurang.

 

  • Berinteraksilah dengan anak Anda dan biarkan mereka bermain.

Penelitian membuktikan bahwa pelukan, interaksi dan bermain dengan anak memiliki efek yang kuat dalam perkembangan otak anak, dan menjadikan mereka memiliki kemampuan berpikir yang tinggi.  Ketika anak Anda bermain dan berinteraksi, mereka sedang membentuk fondasi untuk kemampuan emosi, intelektual, sosial dan fisik mereka. Sedangkan, ketika anak berinteraksi dengan orang lain, mereka belajar untuk menyatukan dan menyampaikan ide, kesan dan perasaan mereka kepada orang lain.

 

  • Bicaralah pada anak Anda dan kenalkan mereka pada membaca.

Berbicara dengan anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Selain itu, anak yang senang membaca sejak kecil cenderung lebih sukses dalam kehidupan dewasanya, dan mampu bersekolah dengan baik.

 

  • Kenalkan anak Anda pada olahraga.

Olahraga meningkatkan sirkulasi darah ke otak, hal tersebut baik bagi pertumbuhan sel otak anak dan perkembangan mentalnya.   Masih ada 5 tips lainnya yang dapat Anda terapkan dalam mendidik si kecil agar menjadi anak pintar. Simak kembali pembahasan kami pada artikel berikutnya agar Ayah dan Ibu lebih paham.

 

Salam,

KALBE e-Store